Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Penyelenggaraan Event/Pertemuan





Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Penyelenggaraan Event/Pertemuan

Tanggal Publikasi : 22 Jul 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 439
Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Penyelenggaraan Event/Pertemuan

Selama masa work from home, hampir tidak ada penyelenggaraan event/pertemuan yang dilakukan secara offline. Semua dialihkan berbasis online. Namun, setelah diberlakukannya masa Adaptasi Kebiasaan baru, perlahan kegiatan event/pertemuan ini mulai kembali dilakukan secara offline disesuaikan dengan protokol kesehatan. Ketentuan ini sudah diatur dalam Keputusan Menteri RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020.

Penyelenggaraan event/pertemuan merupakan sebuah kegiatan untuk mengumpulkan orang-orang di satu tempat, melakukan serangkaian aktifitas yang teratur untuk memperoleh suatu informasi atau menyaksikan suatu kejadian. Jenis-jenis penyelenggaraan event/pertemuan seperti penyelenggaraan seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan intensif, konser serta pameran.

Adaptasi Kebiasaan Baru yang dapat dilakukan oleh penyelenggara event dengan yaitu dengan memperhatikan pengaturan sirkulasi udara agar pengunjung tidak pengap dan sirkulasi udara tetap lancar dan segar. Kemudian sediakan fasilitas cuci tangan, alat pengukur suhu maupun hand sanitizer di depan pintu masuk, pintu lift, lobby, meja dan area publik. Di dalam area tempat event berlangsung penyelenggara juga dapat menempelkan gambar-gambar pesan terkait pencegahan covid-19. Aturlah tata letak stand-stand pameran agar tidak terlalu berdekatan jaraknya. Transaksi pembayaran dilakukan dengan cashless. Batasi peserta dengan melakukan registrasi online sebelum kegiatan berlangsung, agar pengunjung yang terdata mudah dipantau. Selain itu penyelenggara juga harus mempunyai rencana prosesur kesehatan, mitigasi serta evakuasi bila terjadi kondisi gawat darurat.

Kemudian bagi pengunjung pastikan diri sehat saat berkunjung ke sebuah event. Bawa pelengkapan makan&minum sendiri. Gunakan masker dengan tambahan faceshiled jiga boleh. Jaga jarak 1-1,5 meter. Perhatikan selalu protokol kesehatan yang belaku. jangan terlalu lama untuk berada di dalam kerumunan. Dan yang terpenting tetaplah jaga kesehatan dengan aktifitas fisik, olah raga, makan-makanan yang bergizi ya sobat serta jika memang tidak urgent sekali sebaiknya hindari keramaian dan tetap tinggal di rumah dulu ya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi