Apa itu BBS (Behavior Based Safety)





Apa itu BBS (Behavior Based Safety)

Tanggal Publikasi : 26 Apr 2021     Kategori : Dasar K3     Views : 1,114
Apa itu BBS (Behavior Based Safety)

Apa Itu Behavior Based Safety

Halo Sobat Sehat Kerjaku, kali ini mimin akan bahas terkait behavior based safety nih sesuai dengan request dari salah satu sobat sehat kerjaku di kolom DM. Banyak perusahaan yang sudah lama menjalankan K3, namun angka kecelakaan kerja yang terjadi masih saja berfluktuasi naik turun, bahkan sebagian menganggap K3 itu sebagai beban yang menghambat pekerjaan. Berawal dari sana untuk lebih meningkat awareness dan komitmen dari semua manajemen dan pekerja hadirlah pendekatan behavior based safety (BBS).

Pada dasarnya BBS ini adalah sebuah pendekatan keselamatan yang berfokus pada perilaku pekerja sebagai penyebab terbesar terjadinya kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan. Program BBS dikemas untuk menumbuhkan budaya K3 di perusahaan dengan harapan dapat menekan angka kecekaan kerja. Program BBS ini dikelola mulai dari level pimpinan perusahaan, manajer, supervisor hingga ke lini bawah di perusahaan. Sehingga apabila masing-masing dalam seluruh lini perusahaan telah berperilaku berbasis K3, diharapkan budaya K3 dalam perusahaan akan tercapai.

Jika diuraikan lebih lanjut BBS ini merupakan sebuah pendekatan yang proaktif terhadap manajemen keselamatan kerja, Pro aktif terhadap pecegahanterjadinya kecelakaan, fokus terhadap perilaku berisiko/ tidak aman yang dapat menyebabkan kecelakaan, fokus terhadap perilak aman dalam bekerja yang berkontribusi terhadap pencegahan kecelakaan. BBS menerapkan sistem bottom-up, sehingga invidu yang berpengalaman dibidangnya terlibat langsung dalam mengidentifikasi unsafe behavior. Observer memonitor perilaku selamat pada kelompok mereka dalam kurun waktu tertentu, kemudian data hasi observasi ini nantinya akan menjadi umpan balik yang dapat menjadi reinforcement positif bagi karyawan yang berperilaku aman, serta menjadi dasar juga untuk mengoreksi unsafe behavior yang sulit dihilangkan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi