Apa itu Leading indikator dalam Penilaian Kinerja K3





Apa itu Leading indikator dalam Penilaian Kinerja K3

Tanggal Publikasi : 19 Feb 2021     Kategori : Dasar K3     Views : 1,376
Apa itu Leading indikator dalam Penilaian Kinerja K3

Sering sekali kita dengar bahwa implementasi K3 dianggap sebagai sebuah cost (biaya) yang besar, dibandingkan dengan manfaatnya. Padahal sebenarnya tidak demikian, jika kita bisa menghitung kinerja K3 tersebut dengan tepat dan bisa mempertanggungjawabkannya di depan manajemen. Penasaran gak sih kenapa itu bisa terjadi? Nah kali ini kita bakal bahas terkait apa saja indikator dalam penilaian kinerja K3 , yang pertama akan kita bahas terkait leading indikator.

Apa sih leading indikator itu? nah sobat di dalam dunia K3 kita mengenal istilah leading dan lagging indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan penerapan K3 di suatu perusahaan. leading indikator indikator yang berfokus kepada tindakan apa yang kita lakukan untuk pencegahan kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Contohnya pelatihan K3, indentifikasi dan perbaikan penerapan ergonomi, pengurangan risiko, audit K3, safety breafing, program K3, tool box meeting, dll.

Leading indikator ini adalah proses pengukuran yang proaktif, dan prediktif untuk memantau dan menyediakan informasi terkini pada kinerja K3 yang efektif. dalam leading indikator ini juga termuat aktifitas apa saja yang dilakukan perusahaan dalam proses sistem manajemen HSE seperti bagaimana mengidentifikasi dan mengendalikan risiko di tempat kerja. Leading indikator ini berfokus pada kinerja masa depan dari HSE serta perbaikan yang bekerlanjutan. Adapun hal yang harus terpenuhi dalam leading indikator yaitu memungkinkan terjadinya perbaikan kecil dalam proses kinerja, mengukur aktifitas yang sudah dilakukan dan belum dilakukan, mampu memberikan umpan balik ke semua pemangku kepentingan, kredibel, mampu memberikan prediksi, meningkatkan kemampuan dalam penyelesaian masalah HSE serta mampu melakukan penelusuran pada efek kinerja. Dasar penyusunan leading indikator tentunya harus melihat tujuan K3 yang akan dituju serta karakter bisinis yang sedang dijalankan oleh perusahaan .Sehingga leading indicator setiap perusahaan tentunya tidak dapat disamakan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi