Apa Itu Vaksin?





Apa Itu Vaksin?

Tanggal Publikasi : 30 Nov 2020     Kategori : Campaign     Views : 602
Apa Itu Vaksin?

Sobat sehat kerjaku tentunya tidak asing dengan istilah vaksin, terlebih lagi sejak dulu (kecil) sebenernya kita sangat akrab dengan vaksin. Terlebih belakangan ini, istilah vaksin sepertinya mulai menjadi prioritas untuk di kembangkan untuk memberantas virus virus baru di dunia. Kali ini mimin akan sharing ke kalian mengenai apa sih sebenarnya vaksin itu ?

 

Konsep vaksinasi dilakukan Edward Jenner pertama kalinya pada 1796. Vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut.Vaksin itu sendiri ada beberapa jenis. Mulai dari vaksin hidup yang dilemahkan, vaksin yg sudah dimatikan, Vaksin yang berisi sub unit dari antigen (antigen yang sudah dimurnikan), Vaksin yang berisi toksoid (Toksin yang sudah diinaktivasi).

 

Menurut WHO, vaksin mempunyai antigen yg sama dengan antigen yg menyebabkan penyakit. Hanya saja antigen yang terdapat dalam vaksin sudah dikendalikan/dilemahkan. Saat vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melihatnya sebagai antigen atau musuh, sebagai respon adanya ancaman dari musuh maka tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan antigen tersebut. Sehingga harapannya adalah orang yg diberi vaksin menjadi tidak mengalami sakit seperti jika orang tersebut terpapar dengan antigen yang sama secara alamiah.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi