ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN HOTEL YANG PERLU DIPERHATIKAN DI ERA NEW NORMAL





ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN HOTEL YANG PERLU DIPERHATIKAN DI ERA NEW NORMAL

Tanggal Publikasi : 26 May 2020     Kategori : K3 Perhotelan     Views : 1,668
ASPEK KESELAMATAN DAN KESEHATAN HOTEL YANG PERLU DIPERHATIKAN DI ERA NEW NORMAL

Akibat pandemi virus covid-19 yang menjangkiti seluruh dunia, kini dunia bersiap memasuki era new normal, salah satunya termasuk sektor pariwisata yang selama adanya pandemi ini sangat terdampak. Sebagai Pulau yang dikenal dengan tujuan destinasi pariwisata tingkat dunia, tentunya Bali juga harus berbenah serta beradaptasi untuk dapat survive nantinya di era new normal. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan yaitu aspek K3 pariwisata. kali ini yang kita akan bahas adalah mengkhusus pada perhotelan.

 

Hotel tentunya wajib untuk mengevaluasi kembali terkait protokol K3 yang telah dipunyai sebelumnya. Fokusnya saat ini pada titik/area yang sering disentuh di hotel. Modifikasi cara kerja dengan mengembangan SOP dalam aspek manajemen sangat diperlukan diantaranya menyangkut standard kesehatan dan higienitas karyawan, metode mencuci tangan, physical dan social distancing, hingga penetapan standard peralatan perlindungan bagi karyawan. Implementasikan perilaku minim sentuhan atau touchless, dengan menyesuaikan protokol kesehatan seperti modifikasi sistem kartu dan kunci kamar, pastikan jarak sosial untuk para tamu, dan chek in/chek out layanan ke kamar minim kontak. Aspek sanitasi dan higienitas hotel yang harus diperbaiki dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Penyajian makanan dan minuman di restoran hotel juga perlu diperhatikan demi keamanan dan kesehatan pengunjung, seperti penggunaan wadah makanan atau piring sekali pakai.

 

Manajemen hotel nantinya harus memastikan agar seluruh karyawan mendapatkan pelatihan terkait pengendalian infeksi covid-19 seperti jarak sosial dan langkah-langkah kebersihan yang ditingkatkan, termasuk dengan perilaku mencuci tangan dan penggunaan masker serta sarung tangan. Seluruh aspek operasional hotel yang yang berkaitan antara petugas dengan para tamu, yang meliputi layanan resepsionis, housekeeping, keamanan, kitchen, food & beverage, laundry, spa, pool & fitness, hingga engineering dan perawatan diberikan panduan yang sangat lengkap dan detail sebagai acuan pelayanan seperti "DO's & DON"Ts the new normal". Selain itu diperlukan juga SOP untuk pelaksanaan acara di meeting room dan ball room, kebersihan peralatan, nampan, troli, penggunaan sarung tangan, ketentuan menjaga jarak saat mengirimkan makanan, hingga SOP untuk mengantar tamu menggunakan buggy car, serta berbagai panduan lainnya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi