Bagaimana Hubungan Saling Terkait antara K3 dan Kesehatan Masyarakat





Bagaimana Hubungan Saling Terkait antara K3 dan Kesehatan Masyarakat

Tanggal Publikasi : 03 Jul 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 888
Bagaimana Hubungan Saling Terkait antara K3 dan Kesehatan Masyarakat

Menjawab pertanyaan sobat sehat kerjaku. Kali ini mimin ini sharing terkait bagaimana hubungan keterkaitan k3 dan kesehatan masyarakat. Pandemi covid-19 sangat berdampak kepada hampir seluruh sektor salah satunya di bidang Kesehatan. Untuk mengurangi dampak epidemi, melindungi kesehatan tenaga kerja dan memastikan kesinambungan layanan kesehatan selama dan setelah epidemi, diperlukan sistem kesehatan yang kuat. Layanan kesehatan masyarakat memainkan peran penting dalam langkah-langkah pencegahan dan mitigasi untuk populasi secara umum seperti misalnya pekerja di sektor informal dan perusahaan kecil dan mikro yang dimana umumnya berada di luar jangkauan layanan K3 maka layanan kesehatan masyarakat menjadi satu-satunya layanan yang menjangkau kelompok-kelompok ini.

Disinilah keterkaitan peran K3 dan kesmas sebagai pemberi Informasi sangat mendasar. bayangkan saja, jika orang tidak diberi informasi yang jelas tentang cara penularan dan cara menghindari penyebaran penyakit, serta risiko dan tindakan yang harus diambil, mereka tidak akan dapat secara efektif melindungi diri dan orang lain.

Kepada Masyarakat umum: Informasi tentang gejala penyakit, cara untuk mencegah dan mengurangi penularan penyakit, kemungkinan dukungan finansial dan perlindungan pekerjaan dan seterusnya.

Pengusaha dan manajemen: Informasi tentang bagaimana menerapkan undang undang, kebijakan, dan pedoman nasional yang relevan dengan organisasi (perusahaan) mereka dan tanggung jawab mereka terkait dengan rekomendasi K3.

Pekerja: Informasi tentang penggunaan praktis untuk peralatan dan prosedur yang dapat mencegah penyakit akibat kerja, serta tanggung jawab mereka dalam mematuhi rekomendasi praktis K3. Sistem komunikasi cepat diperlukan untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat, termasuk: situs website, televisi, media sosial, surat kabar dan majalah, iklan,dll.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi