CEGAH DBD DENGAN PEMBRANTASAN SARANG NYAMUK





CEGAH DBD DENGAN PEMBRANTASAN SARANG NYAMUK

Tanggal Publikasi : 15 Jan 2020     Kategori : Penanganan Bencana     Views : 587
CEGAH DBD DENGAN PEMBRANTASAN SARANG NYAMUK

Beberapa tahun terakhir, sangat trend di masyarakat dilakukannya pengasapan atau fogging mengunakan insektisida di rumah-rumah warga. Namun ternyata Faktanya, fogging hanya mampu membunuh nyamuk dewasa saja dan dapat membahayakan kondisi kesehatan manusia loh sobat.... Lalu sebnernya upaya apa sih yang efrktif untuk mencegah DBD?

Pencegahan penyakit DBD dapat dilakukan melalui gerakan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) nih sobat. pemberantasan sarang nyamuk itu bisa kalian lakukan dengan menguras, mengubur, mendaur ulang secara rutin.

Upaya menjaga kebersihan lingkungan juga harus kita lakukan seperti dengan memastikan tidak adanya sampah atau wadah yang menjadi sarang nyamuk aedes aegypti. Menghilangkan jentik nyamuk juga merupakan salah satu upaya dasar untuk memutus mata rantai peerkembangan nyamuk dapat dilakukan dengan Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Hal lain yang dapat kita lakukan untuk mencegah DBD yaitu dengan menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk,menggunakan kelambu saat tidur, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, hindari juga kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga telah membentuk program 1 rumah 1 jumantik (juru jentik). Jumantik diharapkan dapat mensosialisasikan PSN serta memantau ke rumah-rumah warga untuk ngecek apakah ada jentik di rumah tersebut. Jika misalnya terdapat jentik nyamuk, pemilik rumah akan diberikan edukasi untuk membersihkannya. Ada/tidak adanyanya jumantik kita sebagai masyarakat harus memmpunyai kesadaran sendiri untuk membersihkan lingkungan, karena jumantik hanya memantau masyarakatlah yang bergerak.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi