FATIGUE (KELELAHAN) AKIBAT KERJA





FATIGUE (KELELAHAN) AKIBAT KERJA

Tanggal Publikasi : 19 Jan 2020     Kategori : Stress Management     Views : 807
FATIGUE (KELELAHAN) AKIBAT KERJA

Hai sobat sehat kerjaku, wah sudah masuk weekend aja nih. Btw Apakah sobat pernah mengarasakan gejala seperti perasaan letih, pusing, sakit kepala, lelah pada seluruh badan, lesu, mengantuk, tidak focus, sering lupa, tidak bersemangat, mudah cemas, cendrenung merasa bosan, emosi berlebihan?? Jika iya, waspadalah sobat , bisa jadi sobat terkena fatigue/kelelahan.
Kelelahan dideskripsikan secara jelas sebagai suatu kelelahan fisik dan mental yang menghambat and beraktivitas secara normal.
Hari ini kita mau sharing kepada kalian sobat sehat kerjaku terkait bagaimana tips untuk menajemen kelelahan atau Bahasa kerennya Fatigue Management.
Yuk disimak:
Efek fatigue (kelelahan) bagi pekerja yaitu menurunnya kemampuan produktivitas pada saat bekerja dan akhirnya akan menurunnya produktivitas perusahaan. Ada pun efek lain berupa munculnya rasa mengantuk yang bisa membuat mata terpejam beberapa detik. Mengantuk dan tertidur selama beberapa detik ini bisa menjadi pemicu kecelakaan kerja, apalagi jenis pekerjaan yang di lakukan beresiko tinggi, seperti peralatan yang beroperasi menggunakan mesin. Pekerja dapat mengalami cidera serius bahkan meninggal dunia saat itu juga.

Tips Untuk mengurangi kelelahan:
1. sebelum pekerjaan dimulai upayakan untuk melakukan selfcheck ”I.M.S.A.F.E”
I= Illness (sakit) “Apakah saya merasakan adanya gejala tidak sehat sebelum berangkat bekerja”
M= Medication (obat) “Apakah saya telah mengkonsumsi obat secara berlebih atau terlarang”
S= Stress” Apakah ada perasaan kalut, khawatir tentang pekerjaan, keuangan atau keluarga”
A= Alcohol “Apakah saya telah minum alkohol sejak 24jam terakhir sebelum kerja”
F= Fatigue “Apakah saya telah mendapatkan istrahat (tidur) yang cukup tadi malam”
E= Eating “Apakah saya sudah makan menu yang bergizi dan minum air yang segar yang cukup”
2. Bersifat positif terhadap pekerjaan. Dalam bekerja hendaknya tetap memelihara antusiasme. Senangi apa yang Anda kerjakan dan kerjakan apa yang Anda senangi.

3. Bersantai sejenak. Gunakan waktu istirahat untuk rileks dan bersantai. Lakukan olah napas dengan menarik napas dalam-dalam untuk beberapa saat. Ini akan meningkatkan tenaga dan konsentrasi saat bekerja.
4. Nikmati humor dan tertawa. Bisa dengan membaca buku tentang humor atau anekdot, bisa pula dengan berkelakar bersama teman-teman sekerja. Humor dan tertawa dapat membangkitkan tenaga dan kebugaran. Akan lebih mudah menghadapi pekerjaan dengan senyum ketimbang dengan gerutu.
5. Bekerja secara sistematis. Buatlah skala prioritas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan. Ini akan membuat Anda tidak terburu-buru dalam bekerja.
6. Banyak minum air putih. Air putih dapat menimbulkan kesegaran dan memperlancar metabolisme tubuh.
7. Lakukan aktivitas fisik. Untuk mengendorkan otot-otot yang mulai kaku lakukan gerak badan atau senam ringan, di dalam atau di luar ruang kerja. Bila kantor Anda bertingkat, untuk naik-turun pilihlah menggunakan tangga ketimbang lift.
Jadi, sobat sehat kerjaku selain 7 tips di atas, mulailah juga untuk mengurangi begadang agar kondisi tubuh kita fit saat bekerja karena manusia membutuhkan tidur perhari 8 jam tidak kurang agar tubuhnya fit keesokan harinya ketika bangun pagi. Sealin itu faktor makanan juga harus dijaga yang memenuhi asupan gizi kita.

 

 



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi