FUNGSI K3 DALAM SEBUAH EVENT FESTIVAL/KONSER/PAGELARAN SENI BUDAYA DI TEMPAT UMUM





FUNGSI K3 DALAM SEBUAH EVENT FESTIVAL/KONSER/PAGELARAN SENI BUDAYA DI TEMPAT UMUM

Tanggal Publikasi : 19 Jan 2020     Kategori : K3 Pariwisata     Views : 3,576
FUNGSI K3 DALAM SEBUAH EVENT FESTIVAL/KONSER/PAGELARAN SENI BUDAYA DI TEMPAT UMUM

Selain sebagai destinasi wisata alam, Indonesia khususnya Bali sering menjadi tuan rumah dalam sebuah event International. Selain itu berapa tahun terakhir , pemerintah juga selalu menggalakkan festival baik lokal maupun International dengan tujuan sebagai bentuk promosi. Datang ke acara festival/konser juga menjadi gaya hidup baru bagi milenials. Sadar atau tidak guys, ada aspek K3 loh yang turut serta berperan dalam sebuah event tersebut.... yuk simak ulasan berikut ini

Sebuah acara festival/konser/ pagelaran di tempat umum tentunya ada aktivitas pekerjaan yang ada di dalamnya, beranjak dari hal tersebutkah maka segala bentuk aktivitas kerja tersebut berada dibawah UU K3, dan tentunya pengelola bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan karyawan, pengunjung yang ada di dalamnya

Pengelola event Festival/konser/ pagelaran tentunya harus mengenali potensi bahaya, penilaian risiko dari acara yang akan diselenggarakan.

Tindakan pengendalian 'praktis yang wajar' perlu diterapkan seperti Perencanaan penilaian risiko ini untuk sebuah event harus didokumentasikan/dipetakan dengan baik jika memungkinkan misalnya seperti Saat merencanakan sebuah Festival/Konser/pagelaran di tempat umum, perlu yang menjadi pertimbangan penting termasuk bagaimana pengaturan alkohol dan makanan, pencegahan diskriminasi dan pelecehan seksual dalam sebuah event, bagaimana kesiapan tim p3k jika terjadi kecelakaan di lokasi veneu, sarana evakuasi jika terjadi bencana di lokasi venue, bagaimana mengatur pergerakan kerumunan masa waktu sebelum dan selesai acara agar tidak terjadi desak-desakan yang bisa mengakibatkan kecelakaan, dan pengaturan transportasi saat acara.

Penyelenggara acara perlu mengantisipasi kemungkinan bahwa pengunjung akan terpapar risiko terhadap kesehatan dan keselamatan dan memberikan tindakan pengendalian yang wajar dan praktis.
Dengan berkomitmen memberikan tingkat perlingdungan tertinggi bagi seluruh orang yang berada dalam sebuah event terhadap resiko, itu adalah sebuah langkah proaktif dalam mebangun sitem kerja yang aman di tempat kerja.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi