HATI-HATI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN, RISIKO OBESITAS MENGAHANTUI PEKERJA KANTORAN





HATI-HATI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN, RISIKO OBESITAS MENGAHANTUI PEKERJA KANTORAN

Tanggal Publikasi : 22 Jan 2020     Kategori : K3 Perkantoran     Views : 752
HATI-HATI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN, RISIKO OBESITAS MENGAHANTUI PEKERJA KANTORAN

HATI-HATI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN, RISIKO OBESITAS MENGAHANTUI PEKERJA KANTORAN

Sobat sehat kerjaku, sadar atau tidak sebagai pekerja kantoran yang rutinitasmu hanya dihabiskan duduk di kursi dan berhadap dengan PC atau laptop telah mengubah berat badan mu mengalami kenaikan secara perlahan. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi dan apa risiko yang akan terjadi bila hal ini kalian biarkan terus dalam jangka waktu lama? bagaimana pencegahannya?

Obesitas sering kali terjadi tidak disadari. Tiba-tiba saja badan kalian membesar dan terus membesar. Jika sudah begitu, kalian akan semakin sulit mengurangi berat badan. Hal ini dapat terjadi karena asupan kalori yang berlebih ketimbang aktivitas membakar kalori. Rata-rata pekerja kantoran yang selama 6 jam lebih terus duduk dan hanya menatap komputer, terancam terkena obesitas karena aktivitas membakar kalorinya sangat kurang. Selain itu, kerja di ruangan yang ber AC dan dingin akan membuat perut mudah merasa lapar. Secara tidak sadar, ini juga akan membuat nafsu makan meningkat sehingga kemungkinan besar tubuh mengalami kenaikan berat, sehingga tidak sedikit pekerja kantor yang memiliki pola makan buruk. Apalagi, ketika mereka bekerja lembur di malam hari. Beberapa pekerja kantor memilih untuk makan makanan siap saji yang enak, mengenyangkan dan mudah didapat tanpa memperhatikan nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu panjang akan berisiko terhadap penyakit tidak menular seperti diabetes dan stroke. Untuk itu marilah mulai dari sekarang kita cegah agar terhindar dari risiko PTM, mulai dengan melakukan hal sederhana seperti:

Jangan lewatkan jam sarapan. Sering melupakan atau mengabaikan waktu sarapan dapat membuat kita makan dengan kalap pada saat jam istirahat kantor. Kurangi konsumsi cemilan yang tidak sehat. Tetaplah berolahraga ringan, jangan hanya menghabiskan waktu di kursi. Jangan menunda jam makan siang. Telat makan akan memperlambat sistem metabolisme sehingga membuat tubuh menjadi cepat gemuk. Bawalah bekal dari rumah dengan mengukur kandungan nutrisi dan kalori dengan membawa bekal lebih baik dibandingkan dengan menyantap makanan di luar.

Panduan dari Kemenkes RI terkait pencegahan obesitas sobat    PedumGentas_compressed

 



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi