Kurban Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19





Kurban Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Tanggal Publikasi : 31 Jul 2020     Kategori : Covid-19     Views : 61
Kurban Aman dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Sama halnya dengan perayaan Idul fitri beberapa waktu lalu. Tahun ini, ibadah perayaan Ibadah Idul Adha berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Adanya Pandemi covid-19 memaksa kita untuk lebih extra hati-hati dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.Mengacu peraturan pemerintah yaitu Surat Edaran Nomor 0008/SE/Pk.032/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana non-alam covid-19 ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.
-
Sebelum disembelih perhatikan penempatan hewan. Hewan kurban dapat ditempatkan di tempat penampungan hewan yang terlindung dari panas matahari maupun hujan. Tempat penampungan hewan juga harus memiliki ventilasi udara dan pencahayaan yang baik, memiliki tempat air minum dan pakan dalam jumlah yang memadai, serta memiliki lantai yang tidak licin dan mudah dibersihkan. Luas tempat penampungan juga harus disesuaikan dengan kapasitasnya sehingga hewan kurban tidak berdesak-desakan. Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan
-
Saat Penyembelihan, pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik. penyembelihan, hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban. Panitia penyembelihan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan. pastikan hewan sudah mati sebelum melakukan penangan terhadap dagingnya. Usahakan daging tidak terkena tanah atau lantai dan bahan-bahan kotor lainnya. Pastikan tangan dari si penyembelih selalu dijaga kebersihannya. Hendaknya panitia yang terlibat di lokasi area penyembelihan agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.
-
Setelah penyembelihan, untuk pengemasan sebelum didistribusikan ke warga bungkus daging menggunakan plastik/ kaleng untuk menjaga kehigienisan daging. pisahkan antara daging dan jeroan. Selamat merayakan Idul Adha untuk sobat sehat kerjaku yang merayakan, jangan lupa tetap jalankan protokol kesehatan ya sobat untuk mencegah penularan virus.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi