MARI KELOLA SAMPAH DENGAN BANK SAMPAH





MARI KELOLA SAMPAH DENGAN BANK SAMPAH

Tanggal Publikasi : 16 Jan 2020     Kategori : Campaign     Views : 545
MARI KELOLA SAMPAH DENGAN BANK SAMPAH

Masalah sampah merupakan permasalahan kompleks. Diperlukan sistem pengelolaan sampah yang tepat, baik secara mandiri maupun komonitas.

Pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, akan membantu kita untuk menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Kita dapat memulainya dengan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Siapkan beberapa tempat sampah di rumah untuk setiap jenis sampah yg berbeda. Klasifikan berdasarkan sampah yg mudah teruari dan sampah yg sulit terurai.

Untuk sampah yang dapat terurai kalian dapat memanfaatkannya sebagi kompos (yang akan kita bahas pada edisi selanjutnya ya sobat...)

Untuk sampah yg sulit terurai seperti kertas, kardus, botol kaca, botol plastik, plastik, kaleng, dll kita dapat memanfaatkan dengan mendaur ulang kembali sampah-sampah tersebut. Kemudian pisahkan juga sampah berbahaya sebelum kalian ingin mendaur ulang agar tidak merusak dan mencemari lingkungan.

Pemanfatan daur ulang sampah yg sulit terurai ini, bisa jadi peluang buat kamu ni sobat milenial. Upaya ini dapat kita lakukan dengan berkolaborasi bersama warga sekitar mendirikan bank sampah. Sistemnya hampir sama dengan bank biasa. Ajaklah masyarkat untuk menyimpan sampah anorganiknya ke pusat bank sampah, yang mana setiap sampah yg berhasil dikumpulkan akan dihargai, nilainya bervariasi dalam bentuk tabungan sampah. Tidak hanya mengumpulkan, kalian juga dapat berkolaborasi bersama masyarakat untuk mendaur ulangnya kembali menjadi sesuatu yang tepat guna dan bernilai ekonomi.

Selain itu diharapkan kader-kader Bank Sampah ini nanti dapat turut mengedukasi warga sekitar terkait cara mengolah sampah.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi