Melakukan Safety Talk/ Toolbox Meeting yang Baik di Tempat Kerja





Melakukan Safety Talk/ Toolbox Meeting yang Baik di Tempat Kerja

Tanggal Publikasi : 26 Oct 2021     Kategori : Dasar K3     Views : 1,338
Melakukan Safety Talk/ Toolbox Meeting yang Baik di Tempat Kerja

Halo Sobat Sehat kerjaku, kali ini mimin akan sharing tentang pentingnya safety talk/toolbox di tempat kerja. Kira-kira perbedaan safety talk dan safety meeting ini apa sih? Safety talk ini merupakan meeting yang dilakukan sebelum dimulainya pekerjaan di lokasi kerja, ketika toolbox meeting selali, maka pekerja akan dibagi ke beberapa kelompok berbeda, di lokasi pekerjaan yang berebda inilah dilakukan pre job safety talk. Nah safety meeting itu sendiri adalah sebuah pertemuan yang harus dihadiri oleh semua pekerja, supervisor, engineer, foreman, HSE dan wakil manajemen. Frekuensi pertemuannya bisa mingguan atau bulanan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat oleh tim HSE.

Untuk safety talk/toolbox meeting sendiri dilakukan tujuannya adalah untuk memastikan pekerja yang akan mengerjakan tugas yang berisiko telah memiliki JSA yang sesuai, memhami isinya, telah memenuhi persyaratan APDnya, lisensi, permit, peralatan, serta kualifikasinya. Bentuk dari kegiatan safety talk/toolbox meeting ini lebih bersifat diskusi grup informal. Program ini juga dapat digunakan untuk melakukan promosi budaya K3 serta memfasilitasi diskusi terkait K3 di tempat kerja.

Waktu dalam melakukan safety talk/toolbox meeting ini juga tidaklah lama, yaitu sekitar 5-10 menit agar tidak mengganggu waktu pekerja dalam bekerja, fokus dari safty talk/toolbox meeting adalah untuk membantu pekerja untuk mengenali dan mengendalikan bahaya di masing-masing area tempat kerja mereka. Sdikit tip untuk sobat sehat kerjaku yang ingin melakukan safety talk/toolbox meeting dari mimin yaitu lakukanlah sesuai dengan situasi dan kondisi di tempat kerja, pilih tema yg sesuai dengan situasi tekini, sampaikan dengan singkat, berikan positive vibes dalam kegiatan tersebuat untuk memotivasi pekerja bekerja dengan baik,aman dan selamat. Sampaikan cerita, bukan hanya sekedar angka statistik kecelakaan agar pekerja bisa mengambil hikmah dan mereka akan lebih mengingat itu dalam pekerjaannya sehari-hari. Jangan jadikan pembicaraan safety talk sebagai pembicaraan 1 arah, berikan kesempatan untuk diskusi ya sobat sehat kerjaku. Sekian tips dari mimin, semoga bermanfaat



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi