Mengenal Caution Fatigue di Tengah Pandemi Covid-19





Mengenal Caution Fatigue di Tengah Pandemi Covid-19

Tanggal Publikasi : 17 Nov 2020     Kategori : Covid-19     Views : 651
Mengenal Caution Fatigue di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah situasi pandemi covid-19, dimana banyak terjadi perubahan dan ketidakpastian dalam hidup akibat situasi pandemi menjadikan banyak masyarakat yang mulai mengalami "caution fatigue". Adanya teknologi video call, online conference di satu sisi memang memudahkan kita untuk berinteraksi secara virtual, namun interaksi ini dinilai tidak bisa menggantikan pertemuan fisik. Keterbatasan interaksi sosial inilah yang memicu perasaan stres. Situasi Pandemi yang tidak pasti juga menyulitkan orang untuk mencapai tingkat stimulasi optimal mereka. Apakah sobat sehat kerjaku salah satunya, yuk cari tau apa itu "caution fatigue" dan bagaimana mengatasinya karena perang belum selesai dan virus tidak kenal lelah.
.
Banyak yang beranggapan mereka sudah ketat melakukan social distancing dan protokol kesehatan, tapi belum terlihat tanda-tanda pandemi akan berakhir. Situasi ini dapat menimbulkan kondisi baru yang disebut dengan "caution fatigue". Gejalanya sangat personal, tergantung bagaimana seseorang merespons situasi pandemi. Istilah "caution fatigue" ini menggambarkan rasa lelah dan letih yang dalam karena terus-menerus harus hidup dalam ketidakpastian, serta dituntut harus menjalankan aturan pencegahan Covid-19 namun sampai sekarang belum juga terlihat hasil yang signifikan. Dampak dari "caution fatigue" adalah hilangnya sensitivitas dan perasaan urgensi dalam mempraktikkan tindakan protokol keselamatan selama pandemi COVID-19. Orang dengan "caution fatigue" ini juga cenderung memiliki keinginan yang kuat untuk berada di luar dan berkumpul dikermaian serta abai terhadap protokol kesehatan yang ada.
.
Lalu bagaimana cara mengatisinya? Tanyakan kembali pada diri sendiri bahwa protokol kesehatan yang dibuat untuk siapa dan mengapa penting dilakukan bukan saja untuk melindungi diri saja, tapi juga orang sekitar. Cobalah berpikir untuk banyak orang daripada berpikir untuk diri sendiri saja. Updatelah selalu dengan informasi keselamatan yang kredibel. Ingat sobat, pandemi ini belum berakhir, kita sama-sama harus berjuang. Sangat penting bagi kita untuk memilih kopiing yang tepat terhadap stress misalnya dengan melakukan prilaku hidup sehat. Yuk, kita kerja sama untuk memutus rantai penularan COVID-19 di Indonesia.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi