MENGENAL JENIS-JENIS KLASIFIKASI KEBAKARAN





MENGENAL JENIS-JENIS KLASIFIKASI KEBAKARAN

Tanggal Publikasi : 06 Feb 2020     Kategori : Penanganan Bencana     Views : 881
MENGENAL JENIS-JENIS KLASIFIKASI KEBAKARAN

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kebakaran terjadi merupakan rangkaian dari reaksi kimia oksidasi. diperlukan 3 elemen dasar untuk memicu terjadinya api yaitu adanya bahan bakar, oksigen, serta panas. Untuk menghilangkan / memadamkan api, sederhananya adalah cukup dengan memutus mata rantai dari reaksi api berikut. namun sebelumnya, kalian juga harus mengetahui jenis jenis klasifikasi dari kebakaran terlebih dahulu, agar dapat mengatasi kebakaran tersebut dengan cepat dan efektif. Mengacu pada NFPA (National Fire Protection Association), klasifikasi jenis kebakaran dibedakan menjadi kebakaran kelas A, B, C, D.

Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, atau plastik. Kebakaran kelas A dapat dipadamkan dengan air, pasir,tanah, APAR dry chemical, APAR foam, dan APAR HCFC pengganti halon.

Kebakaran kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda cair atau gas yang mudah terbakar seperti bensin, cat, thinner, gas LPG, dan gas LNG. Kebakaran kelas B dapat dipadamkan dengan pasir,tanah (untuk area kebakaran yang kecil), APAR dry chemical, APAR CO2, APAR foam, dan APAR HFCF. Pada kebakaran kelas B air tidak dapat digunakan untuk memadamkan api, karena cairan yang terbakar akan terbawa aliran air dan malah mimicu api menyebar.

Kebakaran kelas C adalah kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan komponen elektrik (listrik) seperti televisi, refrigerator, instalasi listrik, dan lain sebagainya. Pada kebakaran jenis ini juga air sangat tidak disarankan sebagai mediam pemadam, karena sifat air yang konduktor (penghantar listrik) yang mana dikhawatirkan akan membuat area sekitar menjadi bertenaga listrik yang dapat menyebabkan tersengat orang-oarang di sekitarnya. Kebakaran jenis ini dapat dipadamkan dengan APAR dry chemical, APAR CO2, dan APAR HCFC pengganti halon.

Kebakaran kelas D adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda metal yang mudah terbakar seperti potassium, sodium, aluminium, dan magnesium. Untuk kebakaran jenis ini dapat dipadamkan dengan APAR sodium chloride dry powder.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi