Menjaga Makanan dan Minuman tetap Hygiene





Menjaga Makanan dan Minuman tetap Hygiene

Tanggal Publikasi : 03 Jun 2020     Kategori : Gizi Pekerja     Views : 599
Menjaga Makanan dan Minuman tetap Hygiene

Makanan merupakan substansi yang diperlukan oleh tubuh baik dalam bentuk mentah maupun yang telah diproses. Oleh karena itu seluruh proses harus dijamin agar makanan tersebut tetap aman, sehat, bermanfaat, dan layak dikomsumsi.Aspek food safety ini perlu diterapkan oleh seluruh lapisan, di tingkat pemerintah dengan menerapkan kebijakan dan aturan, Pengelola usaha serta konsumen.

Prinsip dasar dari Hygine makanan dan minuman ini dimulai dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan bahan makan, penyimpanan makanan masak, pengangkutan makan serta penyajiannya. Di mana pengendalian Hygiene makanan juga dipengaruhi oleh kebersihan tempat/bangunan, peralatan yang digunakan, bahan makanan serta orang /penjamah makanan tersebut.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan makanan dan minuman tetap hygienist berdasarkan WHO yaitu sobat dapat memilih makanan yang telah diproses, masaklah makanan secara sempurna, makanlah yang telah dimasak. Simpanlah makanan yang telah dimasak secara hati-hati. Jika harus memanaskan makanan kembali, maka panaskan secara sempurna. Hindari kontak antara makanan mentah dengan makanan matang. Jangan lupa Cucilah tanganmu sesering mungkin untuk menghindari masuknya mikroorganisme yang ada di bahan makanan ke tubuh sobat, gunakan air bersih dan mengalir. Perhatikan juga kebersihan dapur kalian sobat serta lindungan makanan sobat dari serangga, tikus, serta hewan lainnya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi