MENYIASATI HIMBAUAN UNTUK BEKERJA, BELAJAR DARI RUMAH DALAM UPAYA PENANGANAN COVID-19





MENYIASATI HIMBAUAN UNTUK BEKERJA, BELAJAR DARI RUMAH DALAM UPAYA PENANGANAN COVID-19

Tanggal Publikasi : 17 Mar 2020     Kategori : Covid-19     Views : 745
MENYIASATI HIMBAUAN UNTUK BEKERJA, BELAJAR DARI RUMAH DALAM UPAYA PENANGANAN COVID-19

Setelah Covid-19 ditetapkan sebagai global pandemi, beberapa negara mulai menerpakan kebijakan untuk menekan angka penularan Covid-19, salah satunya dengan Work from home. Tidak hanya bekerja dari rumah, anak anak sekolah dan mahasiswa juga diliburkan. Pembelajaran juga dilakukan secara daring. Selain itu masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah (self quarantine) menghindari kerumuman guna terhindar dari penularan Covid-19. Kebijakan ini diterapkan dalam waktu yang cukup panjang.Bagaimana  menyiasati agar kita dapat tetap produktif saat diberlakukan WFH?

 

Bekerja/belajar dari rumah sebenarnya mempunyai beberapa keuntungan di mana jam kerja maupun waktu belajar menjadi lebih flexibel. selain itu suasana bekerja maupun belajar di rumah memberikan ketenangan, diharpkan pekerja/siswa menjadi lebih konsentrasi dan produktif. Namun kondisi work from home ini jika tidak dilaksanakan tanpa control yang baik akan berpotensi terjadinya kesalah pahaman pekerjaan, keamanan data pekerjaan rentan diretas oleh hacker jikan pengamanan sistem perusahaan kurang. Selain itu juga dapat menjadikan pekerja/siswa menjadi kurang bersosialisasi serta berpotensi menimbulkan kebosanan. 

 

Hal yang dapat dilakukan untuk menyiasatinya agar lebih produktif yaitu anggaplah sobat sedang melakukan rutinitas harian seperti bangun pagi, mandi, berpakaian yang rapi seolah-olah sobat ingin ke kantor/ke sekolah/kampus. Buatlah jadwal/ to-do-list harian untuk mengatur waktumu di rumah. Sediakan space khusus untuk bekerja. Jagalah selalu komunikasi dengan tim dan atasan untuk menghindari miss persepsi dalam mengerjakan tugas. Maksimalkan layanan aplikasi pintar yang sudah ada seperti melalui email, Conference call lewat aplikasi Zoom, Skype atau WhatsApp Video. Tak lupa tentukan kapan waktunya untuk selesai bekerja dan beristirahat agar sobat tidak bosan, tapi jangan disalah artikan dengan kamu gunakan waktu istirahatmu untuk kumpul bersama teman teman di luar rumah ya sobat, karena justru itu dapat membuat sobat berisiko tertular Covid-19. Pergunakan waktu istirahatmu dengan bercengkrama bersama keluarga di rumah, atau me time dengan membaca buku, mendengarkan music, berolah raga di dalam rumah, menonton film, mencoba resep masakan baru, dan kegiatan postif lainnya yang sebelumnya jarang kamu lakukan karena terkendala aktifitasmu sebelumnya. So, keep healthy dengan #dirumahaja ya sobat untuk mengurangi penularan Covid-19.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi