Pemuda Berintegritas





Pemuda Berintegritas

Tanggal Publikasi : 28 Oct 2021     Kategori : Campaign     Views : 231
Pemuda Berintegritas

Integritas adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.

Integritas sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran;-- nasional wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara

Pemuda sebagai generasi pengganti orang tua mestinya memiliki integritas jika ingin tetap eksis dalam kancah pertarungan di era ini. Mengingat kmbali isi dari sumpah pemuda:

“Kami Putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia, Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia”

Delapan puluh tiga tahun silam ketika Indonesia masih berada dalam kekangan kolonial, para pemuda yang tergabung dalam Kongres Pemuda II merumuskan sebuah lompatan besar untuk Indonesia, sebuah mimpi masa depan Indonesia, yaitu Kemerdekan Republik dalam makna dan semangat persatuan.

Sebuah makna yang tak disadari generasi pemuda saat ini dan sebuah semangat yang dilakukan setengah hati oleh pemuda saat ini. Tidak diragukan lagi bahwa para pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam tatanan kehidupan manusia dan masyarakat secara umum. Ir. Soekarno, presiden pertama republic tercinta ini pernah mengatakan: “Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan aku ubah dunia.”

Gerakan pemuda telah meletakkan dasar bagi kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan. Mereka memberikan pedoman dan arah perjuangan bagi gerakan pemuda baik dalam usaha memperoleh kemerdekaan maupun dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan bangsa. Pengertian kemerdekaan bagi gerakan pemuda bukan hanya soal politik, tetapi juga masalah sosial ekonomi yang dapat dilihat adanya kemiskinan yang diderita masyarakat akibat adanya penjajahan. Juga soal sosial budaya yang terlihat hadirnya budaya yang dibawa penjajah yang dinilai tidak sesuai dengan budaya bangsa.

Generasi muda penerus bangsa bahkan kita semua kini wajib menjaga persatuan Indonesia, menjaga integrasi sosial ditengah merebaknya isu-isu sosial yang dapat memecah peratuan bangsa. Integrasi sosial adalah suatu keselarasan, keserasian di antara sub-subsistem dengan masyarakat Indonesia sebagai suatu sistem yang lebih dikenal sebagai integrasi bangsa. Terlebih dengan adanya fakta baru tentang kasus-kasus korupsi yang melibatkan para pemuda yang padahal dahulu saat masih menjadi mahasiswa banyak berteriak lantang untuk membasmi korupsi, ketidakadilan, dan sebagainya. Karena pemuda hari ini adalah pemimpin esok hari.  Maka tentunya para orang tua perintis bangsa besar ini berharap banyak kepada para pemuda.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi