PENCEGAHAN COVID-19 DI TEMPAT KERJA





PENCEGAHAN COVID-19 DI TEMPAT KERJA

Tanggal Publikasi : 31 Mar 2020     Kategori : Covid-19     Views : 708
PENCEGAHAN COVID-19 DI TEMPAT KERJA

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19, Pemerintah Indonesia telah memberlakukan himbauan untuk melakukan work from home, namun tak dipungkiri tidak semua pekerjaan dapat dilakukan di rumah sehingga pekerja masih harus pergi ke tempat kerja untuk melakukan pekerjaannya. Kali ini kita akan membahas sedikit tips pencegahan Covid-19 buat kamu sobat sehat kerjaku di manapun kalian berada yang sedang bekerja di luar rumah.

WHO menjelaskan, beberapa langkah ini bisa sobat lakukan untuk mencegah penularan virus corona di tempat kerja, antara lain patikan ruangan/ tempat sobat bekerja bersih dah higienis, sobat dapat menggunakan disinfektan untuk membersikan permukan meja kerja sobat, keyboard komputer, telepon dan benda benda lainnya di tempat kerja.

Terapkan pola Hidup sehat dan bersih, dengan melakukan cuci tangan. Ajak juga rekan kerja sobat yang lainnya untuk raji mencuci tangan dengan sabun secara teratur. Tempatkan sabun atau cairan pembersih tangan di tempat-tempat yang mudah dilihat serta dijangkau di sekitar tempat kerja. Sering mencuci tangan bisa menjadi langkah efektif untuk mencegah penularan virus corona. Sobat juga harus meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Sobat juga dapat mengkonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter. Rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus ini.

Sediakan Maser atau tissue, agar jika sobat atau rekan kerja sobat lainnya sedang flu, pilek atau batuk bisa menutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu. Sehingga mencegah penularan virus melalui droplet. lakukan social distancing di kantor, minimalisir berinteraksi terlalu dekat dengan rekan kerja untuk meminimalisir risiko keterpaparan virus. Kurangi atau bahkan hindari jadwal meeting dengan klien, baik meeting di kantor atau di luar kantor. Kita dapat melakukan meeting atau hal lainnya dengan video call, manfaatkanlah teknologi digital ya sobat.

Buatlah catatan perjalanan dinas, yang harus diisi oleh setiap orang di kantor tersebut yang harus dinas ke luar kota. pencatatan ini diperlukan untuk mempermudah tracking, sehingga jika saat pulang tugas luar kota atau luar negeri semisal sobat menderita gelaja seperti COVID-19 setidaknya lingkungan kerja sobat tahu riwayat perjalanan dinas yang sobat lakukan.

Jika sobat mengalami gejala gejala seperti demam lebih dari 38 derajat celcius, pilek, batuk kering istirahatlah di rumah, jangan paksakan untuk tetap masuk kantor karena saat sedang tidak sehat, imun tubuh kamu akan rendah sehingga resiko tertular virus atau penyakit lain akan lebih mudah. Tentunya perusahaan harus memberikan ijin kepada karyawan yang sakit



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi