PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEKERJA INFORMAL PROFESI PEDAGANG KAKI LIMA





PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEKERJA INFORMAL PROFESI PEDAGANG KAKI LIMA

Tanggal Publikasi : 06 May 2020     Kategori : K3 sektor informal dan UMKM     Views : 681
PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEKERJA INFORMAL PROFESI PEDAGANG KAKI LIMA

Jika kemarin kita membahas mengenai pengusaha UMKM F & B, hari ini mimin akan beralih kepada pencegahan covid-19 pada pedagang kaki lima. Sebagaimana yang kita ketahui, kondisi covid-19 ini sangat memberikan dampak bagi para pedagang kaki lama yang penghasilannya sangat bergantung pada penjualan harian. Kondisi ini yang menyebabkan berat bagi para PKL untuk tidak bekerja selama pandemi covid-19. Berikut adalah panduan pencegahan covid-19 bagi pedagang kaki lima.

Sebelum bekerja, persiapkan lah stamina dan fisik, pastikan kalian sehat dan mampu untuk bekerja. bersihkan gerobak dan permukaan yang sering disentuh dengan desinfektan secara berkala. Cucilah selalu bahan mentah yang akan diolah menggunakan air mengalir. Siapkan masker dan alat pelindung diri lainnya untuk meminimalisir pernyebaran droplet. Sediakan 2 wadah kosong untuk meletakkan uang pembayaran konsumen serta uang kembalian.

Saat bekerja, selalu gunakan masker. Hindarilah menyentuh produk yang kalian jual dengan tangan. Usahakan ambil menggunakan sendok/ garpu. Letakkan selalu makanan yang dijual dalam wadah yang bersih serta tertutup rapat Jaga selalu Higineitas produk, sarankan pembeli untuk memakai alat makan pribadi ketika membeli. Semprot dan lap gerobak dengan desinfektan setelah menerima pesanan dari pembeli. Bila memungkinkan PKL dapat bekerjasama dengan operator penyedia jasa seperti go food/grab food untuk meminimalisir kontak dengan pembeli.

Setelah Bekerja, lepakan APD sebelum memasuki rumah. simpanlah uang dalam plastik transparan untuk meminimalisir kontak virus pada uang tunai. Pisahkan baju serta APD masker yang telah dipakai untuk berjualan, kemudian segera cuci dan tidak lupa juga segeralah mandi bersih menggunakan sabun serta air mengalir.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi