PENCEGAHAN COVID-19 PADA PENGEMUDI TAKSI ONLINE RODA EMPAT





PENCEGAHAN COVID-19 PADA PENGEMUDI TAKSI ONLINE RODA EMPAT

Tanggal Publikasi : 12 May 2020     Kategori : K3 sektor informal dan UMKM     Views : 673
PENCEGAHAN COVID-19 PADA PENGEMUDI TAKSI ONLINE RODA EMPAT

Di masa pandemi covid-19, taksi online mempunyai peran penting bagi kehidupan kita. Walaupun pemerintah telah menerapkan kebijakan PSBB, namun taksi online tetap diperbolehkan untuk mengangku penumpang dengan beberpa kebijakan seperti hanya dapat mengangkut maksimal 2 penumpang. Selain itu penting bagi pengemudi taksi online menjaga dirinya agar terhindar dari penularan virus covid-19.

 

Sebelum bekerja, persiapkanlah APD dasar seperti masker yang bersih. Sediakanlah cairan desinfektan maupun hand sanitizer. Siapkan juga 2 wadah kosong, jaga-jaga jika ada customer yang melakukan transaksi dengan uang tunai. Buat lah pembatas yg dapat dibuat dari bahan mika transparan, untuk membatas space driver dengan penumpang.

Saat bekerja, semprotkan desinfektan pada jok mobil, setir, serta permukaan lainnya yang sering disentuh sebelum serta sesaat setelah mengantarkan penumpang. Pastikan penumpang telah menggunakan masker. Sampaikan kepada penumpang untuk tidak duduk disamping supir untuk menjaga jarak (social distancing). Himbau penumpang untuk membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan dalam mobil. Saat telah tiba di tujuan, jika penumpang melakuan transaksi dengan uang tunai gunakan wadah kosong yang telah disiapkan tadi sebagai tempat penyimpanan uang. Hindari nongkrong bersama dengan driver lainnya dalam kerumunan lebih dari 2 orang. Cuci tanganlah dengan sabun atau hand sanitizer setelah setiap selesai mengantarkan penumpang.

 

Setelah bekerja, lepaskan masker dengan cara yang aman kemudian jika menggunakan masker sekali pakai maka potong kecil kecil masker tersebut lalu buang ke tempat sampah. Lepas APD lainnya yang digunakan sebelum masuk rumah. Segera pakaian, maupun masker kain yang digunakan saat bekerja tadi.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi