PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA TOKO KELONTONG





PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA TOKO KELONTONG

Tanggal Publikasi : 07 May 2020     Kategori : K3 sektor informal dan UMKM     Views : 675
PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA TOKO KELONTONG

Bagi pengusaha toko kelontong, masa pandemi covid-19 ini menjadi tantangan sulit di mana pedagang kelontong harus tetap berdagang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar. Untuk itu hari ini mimin akan membahas bagaimana pencegahan covid-19 untuk usaha toko kelontong dalam memutus persebaran virus covid-19, agar tetap aman dalam melayani pelanggan.

Sebelum bekerja, mulailah untuk terbiasa rajin membersihkan warung. Ini merupakan salah satu kunci agar pembeli merasa aman berbelanja di warung. Dengan kondisi warung yang selalu dibersihkan, selain akan terlihat rapi, virus dan bakteri juga akan berkurang. Semprot dan pel lantai dengan desinfektan permukaan-permukaan yang sering disentuh. Sediakan 2 wadah kosong untuk tempat bertransaksi guna mencegah kontak langsung dengan uang cash.

Saat bekerja, lengkapilah diri dengan masker. Selain itu pengusaha toko kelontong juga dapat menyediakan sacara cuci tangan atau hand sanitizer, wajibkan pelanggan untuk mencuci tangan/ membersikan tangannya sebelum bertransaksi di toko kelontong sobat. Buatlah pembatas antrian dengan jarak yang cukup memadai sebagai upaya social distancing min.1-1,5 m. Kemudian, sobat juga bisa membuat pembatas di meja kasir yang terbuat dari plastik mika bening untuk mencegah kontak langsung droplet menyebar. Usahakan tidak menyentuh uang cash secara langsung, gunakan media wadah kosong tadi sebagai sarana bertransi. Jika memungkinkan sediakanlah layanan online serta delivery online kepada pelanggan misal dengan cara membuat grup whatsapp untuk memudahkan pemesanan.

Setelah bekerja, jangan lupa untuk kembali membersihkan dan mengepel warung dengan cairan desinfektan. simpan uang di dalam plastik transparan. Sebelum masuk rumah, lepaskan APD dasar yang sobat pakai, pisahkan pakaian yang digunakan saat bekerja tadi serta segeralah madi dan cuci pakaian beserta masker yang digunakan saat bekerja. Jagalah selalu kesehatan sobat, agar segala aktivitas tetap berjalan lancar di tengah keterbatasan ini.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi