PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA WARUNG MAKAN





PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA WARUNG MAKAN

Tanggal Publikasi : 13 May 2020     Kategori : K3 sektor informal dan UMKM     Views : 667
PENCEGAHAN COVID-19 PADA USAHA WARUNG MAKAN

Warung makan atau biasa kita kenal dengan sebutan warteg, ada juga warkop sebelum pandemi covid-19 merupakan salah satu pilihan favorit tempat makan murah bagi mahasiswa rantauan. Bahkan beberapa kalangan masyarkat juga senang menjadikan warteg sebagai tempat bertukar pikiran, diskusi, tongkrongan alternatif yang murah dibandingkan jika harus ke cafe-cafe. Bagaimana usaha ini dapat bertahan di masa pandemi covid-19? Penting bagi pengusaha warteg untuk ikut mencegah risiko penularan virus covid-19 di area warung makan mereka.

Sebelum bekerja, persiapkanlah APD dasar seperti masker yang bersih. Semprot dan pel area warteg dengan desinfektan pada permukaan yang sering disentuh. Cuci bersih bahan makanan yang akan dimasak. Sediakanlah tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun maupun hand sanitizer. Siapkan juga 2 wadah kosong untuk pembayaran tunai serta uang kembalian

Saat bekerja, pakailan masker, dengan benar. Untuk menjaga kebersihan serta hygienitas makanan yang telah tersaji, maka bantulah pelanggan untuk mengambil makanan, usahakan jangan prasmanan/pelanggan bebas mengambil sendiri. Gunakan lah sendok/garpu jangan kontak langsung dengan makanan. Atur ulang jam operasional warteg semnetara di masa pandemi ini agar tidak menjadi ajang berkumpul orang-orang. Layani hanya pemesahan yang di bawa pulang, tidak melayani untuk makan di tempat. Sampaikan kepada pelanggan untuk menjaga jarak (social distancing). Himbau pelanggam untuk membersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Gunakan 2 wadah kosong sebagai media bertarnsaksi dengan pelanggan, tempat menaruh uang tunai serta kembalian, usahakan tangan tidak langsung kontak dengan uang tunai. Sebelum menutup toko bersihkan kembali tokomu, simpan bahan bahan mentah dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi.

Setelah bekerja, cuci bersih perlatan makanan, masak dengan air mengalir lalu simpan di tempat tertutup. lepaskan masker dengan cara yang aman kemudian jika menggunakan masker sekali pakai maka potong kecil kecil masker tersebut lalu buang ke tempat sampah. Lepas APD lainnya yang digunakan sebelum masuk rumah. Segera cuci pakaian, maupun masker kain yang digunakan saat bekerja tadi.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi