PENCEGAHAN PENULARAN INFEKSI COVID-19 BAGI TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT





PENCEGAHAN PENULARAN INFEKSI COVID-19 BAGI TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

Tanggal Publikasi : 18 Mar 2020     Kategori : Covid-19     Views : 633
PENCEGAHAN PENULARAN INFEKSI COVID-19 BAGI TENAGA KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

Tenaga kesehatan merupakan ujung tombak dari penanganan infeksi Covid-19, untuk itu penting bagi tenaga kesehatan untuk selalu menjaga diri agar terhindar dari penularan infeksi Covid-19. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit:

 

Hindari penggunaan snelli/jas dokter, karena dapat menjadi sarana penyebaran infeksi nosokomial. Jika memang sangat diperlukan, sebaiknya segera cuci snelli setelah sobat gunakan. Selain itu sobat sehat kerjaku, kalian juga dapat menggunakan baju lengan pendek diatas siku. Hindari penggunaan tali gantungan kartu identitas ya sobat, karena gantungan tali mudah terkontaminasi. Sebaiknya kartu identitas dijepit atau dipeniti di baju. Sobat nakes juga sebaiknya jangan menggunakan jam tangan atau perhiasan, karena dapat menjadi media bagi virus untuk menempel dan menginfeksi orang yang memegangnya. Bagi sobat nakes yang berambut panjang serta berponi dapat mengikat rambutnya agar tidak terurai karena jika sobat sedang menangani pasien batuk, maka kuman/virusnya dapat menempel pada rambut yang nantinya dapat pulan menempel diwajah. Untuk rekam medis, sebaiknya jangan dibawa keruangan pasien, cukup sobat letakkan di nurse stationn saja. Sterilkan pulpen handphone, stetoskop dan peralatan medis lainnya menggunakan disinfektan berupa alkohol swab untuk mengurangi transimisi kuman/virus.

 

Jangan lupa cucilah tangan sobat setiap setelah melakukan aktifitas. caranya dengan ratakan sabun di telapak tangan, gosok punggung dan sela-sela jari pada kedua tangan, gosok ibu jari kiri dalam genggaman tangan kanan serta sebaliknya, gosok dengan memutar jari tangan kanan pada telapak kiri dan sebaliknya. Dan terakhir jagalah imunitas sobat nakes dengan makanan gizi seimbang. Semoga sobat nakes di seluruh Indonesia dapat bertugas dengan sebaik-baiknya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi