PENGERTIAN SERTA KLASIFIKASI HAZARD DI TEMPAT KERJA





PENGERTIAN SERTA KLASIFIKASI HAZARD DI TEMPAT KERJA

Tanggal Publikasi : 11 Feb 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 3,820
PENGERTIAN SERTA KLASIFIKASI HAZARD DI TEMPAT KERJA

Sering kali kita rancu mengenai pengertian hazard, secara harfiah hazard diartikan sebagai sebuah bahaya. Ada banyak pengertian hazard, definisi yang paling umum mengenai hazard keselamatan dan kesehatan di tempat kerja adalah sumber dari segala potensi kerusakan, kecelakaan, efek kesehatan yang dapat menimbulkan kerugian pada properti atau seseorang.

Hazard dapat muncul dalam banyak situasi pekerjaan. Hazard di tempat kerja dapat berasal dari berbagai sumber. Contoh umum termasuk zat, bahan, proses, praktik, dll yang merugikan bagi seseorang atau properti. Beberapa hazard bersifat akut dan menimbulkan bahaya langsung pada kesehatan maupun keselamatan fisik pada pekerja maupun tamu yang berada di tempat kerja. Namun ada juga hazard yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terwujud dan mungkin memiliki efek kumulatif, seperti halnya bahan kimia, uap, debu, dan radiasi tertentu yang dapat menyebabkan kondisi medis kronis setelah paparan berulang atau berkepanjangan.

Hazard dapat dikafikasikan menjadi Hazard fisik yang merupakan bahaya yang paling umum dan termasuk suhu ekstrem, radiasi pengion atau non-pengion, kebisingan berlebihan, paparan listrik, bekerja dari ketinggian, dan mesin yang tidak dijaga; Hazard mekanis berasal dari mesin; Hazard kimia muncul ketika seorang pekerja terpapar bahan kimia di tempat kerja, hazard kimia juga tergantung pada sifat fisik, kimiam serta toksisitas bahan kimia tersebut yang mana jika terjadi kontak dapat menyebkan PAK, iritasi kulit,serta masalah pernafasan; Hazard biologi termasuk virus, bakteri, jamur, parasit, serangga, tanaman, hewan dan organisme hidup yang dapat menginfeksi atau menularkan penyakit ke manusia; Hazard psikososial timbul dari berbagai faktor psikososial yang menurut pekerja tidak memuaskan, stress, adanya kekerasan yang membuat frustrasi, atau melemahkan semangat; Hazard ergonomi lebih kepada pertimbangan total tuntutan fisiologis pekerjaan pada pekerja seperti gerakan berulang, pengaturan stasiun kerja yang tidak benar.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi