PENGGUNAAN CAIRAN DISINFEKTAN DI RUMAH





PENGGUNAAN CAIRAN DISINFEKTAN DI RUMAH

Tanggal Publikasi : 22 Apr 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 611
PENGGUNAAN CAIRAN DISINFEKTAN DI RUMAH

Selama pandemi covid-19, terjadi sebuah kebiasaan baru di masyarakat. Tidak dipungkuri adanya wabah ini, telah membuat masyarakat mulai lebih aware terhadap kebersihan serta kesehatannya. Selain perilaku cuci tangan serta menjaga jarak antar satu dan lainnya , hal yang tak kalah penting diberlakukannya work from home juga memberikan efek pada kita untuk selalu memperhatikan kebersihan rumah agar terbebas dari virus covid-19. Bahkan, di beberapa derah rutin diadakan agenda penyemprotan cairan disinfektan. Kali ini mimin akan membahas bagian rumah apa saja yang perlu disemprot dengan cairan disinfektan.

Menurut CDC, virus ini dapat bertahan hidup di permukaan benda-benda sekitar 1-3 hari. Oleh sebab itu membersihkan rumah dengan cairan disinfektan pada permukaan benda-beda yang ada di rumah itu diperlukan terutama pada bagian permukaan benda yang sering kita pegang ya sobat seperti gangang pintu, permukaan meja, rak dapur, wastafel serta kerannyam saklar lampu, remote tv, remote AC, keyboard laptop/PC, dudukan serta alat siram toilet, serta benda lainnya yang sering sobat pegang jika di rumah.

Namun perlu diperhatikan juga ya sobat, untuk barang-barang elektronik maka sobat tidak dapat sembarangan untuk menyemprotkan disinfektan. Periksalah label pada alat ektronik terlebih dahulu apakah aman jika dibersihkan dengan produk pembersih, baca instruksi penggunaan yang aman saat membersihkan barang tersebut. Namun jika barang elektronik di rumah sobat tidak ada label instruksi terkait penggunaan disinfektan maka sobat cukup membersihkan barang elektronik ini memakai lap dan semprotan berisi cairan berbasis alkohol 70% untuk mendisinfeksi, setelah itu keringkan permukaannya secara menyeluruh agar tidak terjadi pengumpulan cairan.

Ingat bahwa dalam proses disinfektan ini juga memiliki dampak terhadap kesehatan dan keselamatan sobat ya. Oleh sebab itu hindarilah kontak dengan mata dan kulit saat menangani produk disinfektan dan menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesuadah memulai pembersihan ya sobat, gunakan APD sarung tangan untuk melindungi tanganmu dari iritasi bahan disinfektan, serta pastikan rumah sobat memiliki ventilasi yang baik ya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi