Pentingnya Imunisasi Meales Rubella (MR) dalam Program Bulan Imnunisasi Anak Sekolah





Pentingnya Imunisasi Meales Rubella (MR) dalam Program Bulan Imnunisasi Anak Sekolah

Tanggal Publikasi : 02 Sep 2020     Kategori : Campaign     Views : 96
Pentingnya Imunisasi Meales Rubella (MR) dalam Program Bulan Imnunisasi Anak Sekolah

Program Bulan Imunisasi anak sekolah (BIAS) yang diselanggarakan bulan ini memfokuskan pada imunisasi MR ( Measles Rubella ) untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak Jerman) . Kali ini mimin akan bahas seputar pentingnya imunisasi ini dilakukan bagi anak sekolah.

-

Penyakit rubella/campak Jerman merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus, dimana penularannya terjadi melalui udara. Dengan gejala demam dengan suhu 37,2 derajat celcius, dah bahakan ada yang tanpa gejala sehingga susah untuk dideteksi. Gejala lainnya dari infeksi virus ini timbulnya bercak merah pada kulitm sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri pada mata, nyeri otot adanya pembesaran limfe di sekitar belakang telingam leher belakang, selain itu juga anak yang terinfeksi virus ini mengalami gejala mual dan kehilangan nafsu makan.

-

Penyakit rubella ini bersifat mudah menular pada anak-anak. Selain itu, hal yang ditakutkan pada penyakit ini adalah timbulnya komplikasi serius, seperti pneumonia (radang paru), ensefalitis (radang otak), kebutaan, gizi buruk, hingga berujung kematian. Sedangkan komplikasi yang dapat ditimbulkan akibat infeksi rubella adalah kelainan pada jantung dan mata, gangguan pendengaran, dan keterlambatan perkembangan. Bahkah pada ibu hamil, infeksi rubella dapat menyebabkan keguguran, kematian janin, dan sindrom rubella kongenital pada bayi yang dilahirkan.

-

Imnusasi MR harus diberikan pada semua anak pada usia 9 bulan sampai 15 tahun, walaupun anak telah mendapatkan imunisasi campak mereka juga tetap harus diberikan imunisasi MR, karena tidak ada pengobatan untuk menghilangkan penyakit campak dan rubell ini, namun penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin sejak dini. Oleh sebab itu Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin, pada anak kelas 1 SD/sederajat tanpa dipungut biaya.

-

Jadi untuk para orang tua semoga dapat paham jika Penyakit rubella (campak Jerman) menimbulkan dampak yang sangat buruk pada anak. Jika Sobat para orang tua tidak ingin buah hatinya sakit, tidak ada salahnya untuk mengizinkan anak untuk mendapatkan imunisasi berupa vaksin MR di pusat kesehatan atau di sekolah walaupun kita sedang dalam masa pandemi, tentunya harus dengan protokol kesehatan yang ketat. So, sobat sehat kerjaku dan para orang tua hebat lainnya, kalian sudah turut andil dalam peningkatan derajat kesehatan bagi generasi masa depan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi