PENTINGNYA ISTIRAHAT DAN TIDUR CUKUP YANG BERKUALITAS





PENTINGNYA ISTIRAHAT DAN TIDUR CUKUP YANG BERKUALITAS

Tanggal Publikasi : 06 Apr 2020     Kategori : Stress Management     Views : 858
PENTINGNYA ISTIRAHAT DAN TIDUR CUKUP YANG BERKUALITAS

Seringkali kita disarankan untuk istirahat serta tidur cukup oleh pakar kesehatan jika kita merasa kelelahan atau dalam kondisi tidak fit. Bagaimana sebenarnya manfaat istirahat serta tidur cukup ini? padhas saat kita kecil dulu rasanya kesal jika orang tua menyuruh kita untuk istirahat sesaat seprerti tidur siang. yuk kita ketahui pentingnya istirahat serta tidur cukup yang berkualitas.

kita selalu disarankan untuk tidur cukup selama 8 jam per hari, namun apakah itu efektif memulihkan kelelahan sobat? jawabannya adalah bisa iya bisa tidak. Mengapa demikian? karena dipengaruhi oleh kualitas tidur sobat. Secara teori, tidur kita mengikuti siklus 90 menit alami di antara gerakan mata lambat (nonrapid eye movement/NREM) dan gerakan mata cepat (rapid eye movement/REM). Yang terpenting adalah tidak mengganggu salah satu dari fase-fase ini, jadi susun tidur Anda dalam kelipatan 90 menit seperti 7,5 jam, 6 jam, atau 4,5 jam serta buatlah waktu tidur serta bangun yang teratur. Misal jika sobat ingin bangun jam 7 pagi , berarti sobat bisa merencanakan tidur jam 11.30.

Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh sobat, kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes. Selain itu kualitas tidur yang baik akan memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, istirahat dan tidur juga memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan. Kualitas tidur yang baik juga berpengaruh kepada kestabilan berat badan sobat loh... karena Tidur memengaruhi tubuh dalam memroses dan menyimpan karbohidrat.

Kualitas tidur yang buruk juga berpengaruh terhada mood/suasana hati, kita menjadi mudah marah idak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kita terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan peradangan dan infeksi.Tanpa tidur cukup, sobat tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh dari sakit. So manfaatkanlah suasana karantina diri di rumah ini untuk mulai mengatur istirahat serta tidurmu agar lebih berkualitas ya sobat



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi