PENTINGNYA JUJUR PADA TENAGA KESEHATAN MENGENAI INFORMASI RIWAYAT KESEHATAN





PENTINGNYA JUJUR PADA TENAGA KESEHATAN MENGENAI INFORMASI RIWAYAT KESEHATAN

Tanggal Publikasi : 17 Apr 2020     Kategori : Covid-19     Views : 1,147
PENTINGNYA JUJUR PADA TENAGA KESEHATAN MENGENAI INFORMASI RIWAYAT KESEHATAN

 

Meningkatnya kasus penularan infeksi virus corona covid-19 pada tenaga medis di Indonesia sangat mengkhawatirkan kita semua. Sejumlah tenaga kesehatan yang terjangkit bahkan ada yang meninggal dunia. Selain keterbatasan alat pelindung diri yang dihunakan oleh tenaga kesehatan, salah satu penyebab lainnya adalah ketidakjujuran pasien yang berobat dalam memberikan informasi riwayat kesehatan mereka.

 

Kita tau bahwa tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan siap dan mempunyai peralatan lengkap dalam menghadapi pandemi covid-19 ini walaupun memang telah menjalankan protokol kesehatan dari pusat. Oleh sebab itu kerjasama yang baik antara pasien dan petugas kesehatan sangatlah diperlukan. kerjasama di sini dalam artian pasien diharapkan tenang dan jujur dalam memberikan informasi. seperti misalnya ketika ditanya oleh dokter atau perawat jawablah dengan jujur pertanyaan mereka mengenai riwayat perjalanan, riwayat penyakit, gejala yang dirasakan serta informasi lain yang diperlukan.

 

Alasan TAKUT DIHAKIMI bila membeberkan kebenaran tentang kesehatan inilah yang membuat beberapa pasien memilih untuk tidak menceritakan dengan benar. Padalah berbohong tentang riwayat kesehatan dalam masa pandemi covid-19 ini justru bisa sangat berisiko, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih buruk tidak hanya pada diri sendiri namun orang disekitar juga tentunya.

 

Setidaknya dengan kita memberikan informasi sebenarnya, maka tenaga kesehatan dapat memberikan tindakan yang sesuai dengan penyakitnya. Informasi pasien juga dapat membantu tim surveilans dalam melacak riwayat alamiah penyebaran pandemi covid-19 ini. Pandemi covid-19 memang membuat kita gusar, namu jika kita menghadapinya dengan gusar itu hanya akan memperburuk suasana. Jadi tetaplah tenang, jujur dan optimis bahwa kita bisa melaluinya. Terakhir dari mimin untuk sobat sehat kerjaku katakanlah dengan jujur riwayat kesehatanmu, sama seperti kamu jujur mengungkapan rasa cintamu kepadaku. Dan Jangan sampai ada dusta diantara kita jika tak ingin saling menyakiti dan meninggalkan, karena kejujuranmu adalah masa depan yang cerah untuk kita.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi