PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER BAGI MASYARAKAT SAAT KELUAR RUMAH





PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER BAGI MASYARAKAT SAAT KELUAR RUMAH

Tanggal Publikasi : 07 Apr 2020     Kategori : Covid-19     Views : 625
PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER BAGI MASYARAKAT SAAT KELUAR RUMAH

Baru-baru ini pemerintah Indonesia memberikan himbauan baru lagi kepada masyarakat merujuk dari himbauan yang diberlakukan oleh WHO yaitu penggunaan masker bagi warga yang beraktivitas di luar rumah. Padahal sebelumnya himbauan penggunaan masker hanya ditujukan untuk masyarkatan yang sakit serta yang mempunyai risiko tinggi terhadap penularan virus tersebut. Mengapa kita harus menggunakan masker?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Academy of Science Engineering Medicine menyebutkan bahwa di US virus corona yang pada sebagian besar masyarakat bersifat asimtomatik (tanpa gejala) ini dapat menyebar melalui percakapan dan pernafasan. Atas dasar inilah akhirnya WHO menganjurkan bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker. Namun karena persediaan surgarical masker ini terbatas, maka masker kain dapat menjadi solusi.

Terdapat berbagai jenis masker dan fungsinya. Masker biasa (kaini) berfungsi untuk mencegah berpindahnya partikel besar dari cairan tubuh yang mungkin mengandung virus saat sobat ingin bersin atau batuk. Selanjutnya ada masker respirator N95 merupakan masker yang dirancang khusus untuk melindungi pemakai dari partikel kecil di udara yang mungkin mnegandung virus. Untuk masker ini penggunaan lebih dikhususkan kepada petugas kesehatan serta pekerja yang intens mempunyai risiko besar terhadap paparan virus sesuai namanya masker ini dapat memfilter 95 % partikel udara.

Selain penggunaan masker saat keluar rumah, tak bosan-bosan mimin untuk ingatkan sobat sehat kerjaku untuk rajinlah mencuci tangan kalian selama masa pandemic covid ini.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi