PENTINGNYA PEREGANGAN DISELA-SELA BEKERJA





PENTINGNYA PEREGANGAN DISELA-SELA BEKERJA

Tanggal Publikasi : 19 Jan 2020     Kategori : Stress Management     Views : 1,342
PENTINGNYA PEREGANGAN DISELA-SELA BEKERJA

Hai sobat #sehatkerjaku 

Apakah kalian pernah merasakan kaku otot setelah beberapa jam duduk di depan komputer atau meja kerja??? Kekakuan dan ketegangan dapat terjadi pada otot bukan hanya karena olahraga. Dapat pula terjadi karena postur yang tak baik, juga stres dan kebiasaan buruk di tempat kerja. Diperlukan adanya peregangan untuk menjaga fleksibilitas tubuh.
Peregangan merupakan salah satu aktivitas fisik dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), hal ini sejalan dengan amanat UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu upaya kesehatan kerja wajib diselenggarakan pada setiap tempat kerja agar dapat bekerja secara sehat dan tidak menimbulkan penyakit bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar.

Ada beberapa konsep peregangan di tempat kerja yang dapat kita lakukan secara berkala setelah ± 1-2 jam bekerja pada posisi sama. Gerakan peregangan dilakukan secara statis dan dinamis dengan menggerakkan otot dan sendi kepala, leher, bahu, lengan, pinggang, kaki untuk menghilangkan kekakuan tubuh.

Gerakan statis dilakukan dengan menahan sendi dan otot pada posisi teregang selama 8-10 detik.
Sedangkan gerakan dinamis dilakukan dengan meregangkan dan melemaskan sendi dan otot secara perlahan.
Usahakan dalam melakukan aktivitas peregangan kita tetap mengatur nafas untuk memaksimalkan aliran oksigen ke otak.
Seluruh gerakan ini dilakukan perlahan-lahan, tidak dipaksakan dan tidak dihentakkan.
Manfaat peregangan di tempat kerja, tidak hanya untuk mengurangi ketegangan otot saat bekerja, peregangan juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya meningkatkan fleksibilitas jaringan otot, mengurangi risiko cedera otot (kram), mengurangi risiko nyeri/cedera punggung, mengendalikan postur tubuh serta mengoptimalkan aktivitas sehari-hari.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi