Pentingnya Sistem Ventilasi di Tempat Kerja





Pentingnya Sistem Ventilasi di Tempat Kerja

Tanggal Publikasi : 05 Jun 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 605
Pentingnya Sistem Ventilasi di Tempat Kerja

Memasuki masa new normal khususnya di tempat kerja, sudah mulai berbenah agar saat pekerja masuk kembali mereka tidak mersakan ada gangguan sehingga pekerja dapat bekerja dengan nyaman. Tentunya selain menerapkan protokol kesehatan nantinya, persiapan lain yang harus disiapkan oleh manajemen tmpat kerja juga harus memperhatikan lagi mengenai sistem ventilasi yang ada di tempat kerja.

 

Sistem ventilasi merupakan suatu sistem yang integral dalam pengendalian bahaya K3. Pengecekan sistem ventilasi ini dapat kita lakukan melalui rangkaian aktivitas rekognisi, pengukuran, pengendalian dan control dengan desain engineering. Pada prinsipnya sistem ventilasi dibagi menjadi dua yaitu sistem suplai udara yang bertujuan untuk mensuplai udara segar untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman serta mengganti udara bekas. Yang kedua adalah sistem exhaust untuk menangkap dan memindahkan emisi agar tidak mencemari lingkungan kerja.

 

Sistem ventilasi yang baik tentunya dapat mengendalikan bahaya kesehatan yang ada di tempat kerja seperti pertikel debu, gas, bakteri, mikroorganisme kelembaban , bau, dll. Selain itu sistem ini juga dapat mengendalikan Panas. serta dapat juga digunakan sebagai pengendali kebakaran dan ledakan. Pengecekan terhadap sistem ventilasi penting sekali untuk dilakukan, apalagi di masa sekarang dimana kondisi tempat kerja yang hmpir 3 bulan tidak terpakai. Jika sistem ventilasi buruk, tidak hanya akan mengganggu aktivitas pekerja saat bekerja namun risiko juga dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya di masa depan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi