PERAN PROFESIONAL TRAVEL HEALTH AND SAFETY BAGI TRAVALER DALAM PERJALANAN KE ANTAR WILAYAH





PERAN PROFESIONAL TRAVEL HEALTH AND SAFETY BAGI TRAVALER DALAM PERJALANAN KE ANTAR WILAYAH

Tanggal Publikasi : 28 Jan 2020     Kategori : K3 Pariwisata     Views : 1,149
PERAN PROFESIONAL TRAVEL HEALTH AND SAFETY BAGI TRAVALER DALAM PERJALANAN KE ANTAR WILAYAH

Setiap tahun, terjadi peningkatan jumlah orang yang melakukan perjalanan di seluruh dunia. Setiap wisatawan dapat saja terpapar semua risiko menular yang mungkin terjadi selama waktu perjalanannya. Beberapa faktor risiko utama seperti paparan mikroorganisme, kualitas air, suhu dan kelembaban tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, disini lah peran travel health and safety diperlukan.

Risiko kesehatan yang dapat terjadi berupa Hepatitis A, Hepatitis B, Typhoid Fever, Schistosomiasis, Malaria, Dengue Fever, Chikungunya Virus, Zika Virus, Japanese Encephalitis, Influenza, Measles, Chickenpox (Varicella), Diphtheria, Meningitis and Meningococcal Infection, Pertussis (Whooping Cough), Rabies, Tetanus, Poliomyelitis dan yang yang menggemparkan baru-baru ini adalah virus corona. Tentunya proses perjalanan penyakit ini secara epidemiologi merupakan interaksi antara agen penyakit, manusia serta lingkungan. Penyebaran penyakit-penyakit ini bisa menjadi wabah juga dapat dibawa oleh manusia (traveler) yang berkunjung dari suatu wilayah sumber penyakit ke wilayah lainnya. Selain itu dipengaruhi juga oleh tingkat imun terhadap penyebaran unsur penyebab penyakit.

Berkonsultasi kepada profesional travel health and safety diperlukan sebelum jadwal keberangkatan yang akan datang. Para traveler harus mendapatkan informasi penting tentang kondisi kebersihan yang berlaku dan diferensiasi iklim yang terjadi di wilayah yang akan mereka kunjungi untuk mencegah beberapa risiko kesehatan pada saat kedatangan di negera tujuan. Profesional travel health and safety akan menginformasikan kepada wisatawan serta mengevaluasi kebutuhan mereka.

Layanan informasi yang memadai oleh profesional travel health and safety dapat membantu persiapan yang tepat sebelum perjalanan sangat diperlukan, serta wisatawan juga dapat melakuka vaksinasi dan mendapatkan obat yang tepat, bila diperlukan. Peran profesional health and safety masih perlu dikembangkan khususnya di Indonesia, tidak hanya perluasan pengembangan cabang ilmu dan informasi namun juga ketersedian layanan kesehatan. Khususnya di Bali, terdapat sebuah portal yang dapat diakses secara online yaitu http://balitravelhealth.net/ yang mana memberikan informasi kepada wisatawan yang berkunjung ke Bali terkait risiko kesehatan maupun keselamatan tempat-tempat wisata di Bali.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi