Peran Tenaga HSE (Health Safety and Environment) di Tempat Kerja dalam Penangan Covid-19





Peran Tenaga HSE (Health Safety and Environment) di Tempat Kerja dalam Penangan Covid-19

Tanggal Publikasi : 19 May 2020     Kategori : K3 Perkantoran     Views : 1,186
Peran Tenaga HSE (Health Safety and Environment) di Tempat Kerja dalam Penangan Covid-19

Beberapa hari terakhir media mulai memberitakan beberapa skema seperti pembukaan terhadap ruang publik, sekolah, tempat kerja, bisnis dan usaha. Hal ini memang menjadi pro dan kontra di masyarakat, bahkan sebagian golongan menyuarkan hastag #Indonesiaterserah , namun apakah itu yang kita mau? Tentunya tidak. Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi, kita sebagai tenaga K3 di tempat kerja mempunyai tugas dan tanggung jawab besar dalam penanganan covid di tempat kerja, Bagimana memastikan pekerja Fit to work baik saat bekerja di rumah maupun saat kembali bekerja di kantor nantinya.

Peran Penting seorang tenaga HSE yang pertama adalah berperan dalam memberikan update informasi dan komunikasi. Oleh sebab itu, agar informasi yang diberikan akurat maka penting bagi kita untuk menggunakan sumber yang terpecaya seperti dari gugus tugas covid-19, Kemenkes, kemenaker, WHO, ECDC, dll. Tenaga HSE juga harus dapat memahami faktor risiko & penyebaran virusnya, untuk memudahkan dalam mengkomunikasikan kepada pekerja lainnya.

Hal berikutnya adalah Edukasi dan Promosi. Sebagai seorang tenaga HSE di tempat kerja, jangan bosan untuk selalu mengajak pekerja meningkatkan kesadaran pekerja, edukasi dan peningkatan pemahaman terkait covid-19. Pelajari Budaya di Perusahaan sobat, ajaklah seseorang yang dianggap berpengaruh oleh pekerja di sana untuk mengkampanyekan perilaku hidup sehat ini, agar pekerja mau mengikuti arahan terkait promosi perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan, manjaga hygiene tempat kerja.

Sebelum nantinya pekerja harus kembali lagi untuk bekerja ke kantor, Tenaga HSE penting untuk meningkatkan kewaspadaan di tempat kerja. Sharing terkait fakta-fakta terkini, mengkaji risiko-risiko yang ada di perusahaan, wilayah & kebijakan nasional untuk merancang protokol serta SOP yang sesuai dan dapat diterapkan di perusahaan tempat sobat bekerja tentunya. Pastikan lagi, tindakan pencegah & perlindungan di tempat kerja. Sebagai advisor di perusaan, bagaimana kita dapat menjaga pekerja agar tetap tenang, tidak panik serta mengatasi stigma. Bangunlanlah nilai-nilai positif di tempat kerja, Lakukan kegiatan pengelolaan kesehatan mental untuk pekerja. Adanya wabah ini, menjadi momentum perusahan untuk meningkatkan awareness terkait K3, tenaga HSE dapat memberikan saran kepada top manajemen untuk aktivasi prosedur rencana krisis, rencana keberlangsungan bisnis, serta mengaji pandemic plan perusahaan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi