Peranan Kesehatan Masyarakat Dalam Pariwisata





Peranan Kesehatan Masyarakat Dalam Pariwisata

Tanggal Publikasi : 14 Sep 2023     Kategori : K3 Pariwisata     Views : 428
Peranan Kesehatan Masyarakat Dalam Pariwisata

Halo Sobat Sehat kerjaku, kali ini mimin akan sharing tentang peranan tenaga kesehatan masyarakat dalam pariwisata....Aktivitas wisata dan penyebaran penyakit seperti dua sisi mata uang. Perubahan iklim serta peningkatan mobilitas manusia dari satu daerah ke daerah lainnya dengan perilaku berisiko yang tidak terkendali membawa dampak kesehatan masyarakat. Bukan hal mustahil, liburan atau destinasi wisata menjadi sumber penularan penyakit.

Travel disease atau penyakit yang muncul akibat aktivitas bepergian atau berwisata adalah masalah dalam pariwisata. Tingginya interaksi dan cepatnya mobilitas dalam aktivitas wisata memungkinkan aktivitas wisata menjadi sumber penularan travel disease. Risiko terinfeksi tergantung pada tujuan destinasi, standar kebersihan, dan yang paling utama adalah perilaku wisatawan. Indonesia sebagai negara dengan tujuan destinasi favorit juga memiliki risiko penyakit yang harus diperhitungkan.

Dari sisi  Ekonomi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara memiliki dampak positif, akan tetapi hal ini juga akan diikuti oleh peningkatan risiko Kesehatan. Dalam sebuah penelitian (Reid, Keystone, & Cossar, 2001) terlihat bahwa separuh wisatawan mancanegara yang datang ke negara berkembang akan mengalami masalah kesehatan yang terkait wisata. Adanya data GeoSentinel (Leder et al., 2013) pada wisatawan yang kembali ke daerah asal dan mencari pengobatan, juga memberikan gambaran berbagai permasalahan kesehatan yang umum terjadi pada wisatawan.

Kegiatan kesehatan masyarakat dalam pariwisata bertujuan untuk melindungi wisatawan dan pelaku usaha wisata dari penularan travel disease. Salah satu bentuk perlindungan kesehatan masyarakat kepada wisatawan dan pelaku usaha wisata adalah pelaksanaan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di industri pariwisata. CHSE adalah upaya memberikan jaminan kesehatan, kebersihan, keselamatan kepada wisatawan saat melakukan aktivitas wisata.
Tenaga kesehatan masyarakat mempunyai peran penting dalam manajemen promosi kesehatan. Tenaga kesehatan masyarakat berperan dalam upaya memastikan pelaku usaha wisata mengetahui risiko perjalanan dan mampu menyampaikan risiko bepergian kepada wisatawan. Wisatawan membutuhkan informasi kesehatan yang tidak hanya menjaga diri sendiri tapi juga menjaga orang lain dari penularan penyakit. melakukan health impact assessment agar gejala sakit yang timbul saat dan setelah berwisata terlacak, melakukan hazard identification, serta menerapkan risk assessment and determining control (HIRADC) pada lokasi wisata dan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas wisata. Pelacakan ini bertujuan sebagai bagian dalam kegiatan surveilans untuk menciptakan wisata yang sehat. Serta peningkatan pemahaman terhadap semua jenis vaksinasi dan lokasi wisata yang endemi. Sudah saatnya kegiatan kesehatan masyarakat mulai dari promosi kesehatan, perlindungan spesifik seperti vaksin, diagnosis dini, hingga rehabilitatif masuk dalam tata kelola aktivitas wisata. Untuk mewujudkan pariwisata yang sehat, aman dan nyaman perlu dilakukan kolaborasi dengan industri pariwisata dan juga pemerintah.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi