Perbedaan Accident dan Incident





Perbedaan Accident dan Incident

Tanggal Publikasi : 07 Jul 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 93
Perbedaan Accident dan Incident

Halo sobat sehat kerjaku, kali ini kami akan menjawab pertanyaan sobat sehat kerjaku terkait perbedaan accident dan incident. Secara definisi, terdapat banyak sekali definisi tentang accident. Dari beberapa definisi yang ada Accident adalah kejadian yang merupakan hasil dari serangkaian kejadian yang tidak direncanakan/ tidak diinginkan/ tak terkendalikan/ tak terduga yang dapat menimbulkan segala bentuk kerugian baik materi maupun non materi baik yang menimpa diri manusia, benda benda fisik berupa kekayaan atau aset, lingkungan hidup, masyarakat luas. Incident adalah mirip dengan accident, namun bedanya adalah incident tidak disertai dengan kerugian. Yang termasuk kedalam kategori incident adalah: nearmiss, dan kejadian-kejadian berbahaya.

Accident akan menyebabkan kerugian-kerugian. Accident dapat terjadi pada apa saja termasuk pada manusia. Kerugian yang berkaitan dengan terjadinya accident pada manusia seperti: kematian, luka berat, patah tulang, atau cedera lainnya seringkali menjadi pusat perhatian. Namun kerugian dapat juga menimpa apa saja selain manusia seperti: kekayaan/ aset, kerusakan peralatan, kehilangan waktu kerja, berkurangnya kualitas kerja, hilangnya atau berkurangnya minat kerja, berkurangnya public image, atau bahkan sampai pada suatu kebangkrutan sauatu perusahaan.

Accident merupakan hasil dari serangkaian kejadian. Accident tidak terjadi karena hanya satu sebab, tetapi adalah karena banyak sebab sebab yang tersusun kedalam suatu rangkaian kejadian (penyebab langsung dimana ia sangat dekat hubungannya dengan kejadian accident; penyebab tidak langsung; dan penyebab dasar).



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi