PERBEDAAN ANTARA GEJALA COMMON COLD, FLU DAN COVID-19





PERBEDAAN ANTARA GEJALA COMMON COLD, FLU DAN COVID-19

Tanggal Publikasi : 05 Mar 2020     Kategori : Covid-19     Views : 784
PERBEDAAN ANTARA GEJALA COMMON COLD, FLU DAN COVID-19

Banyaknya issue hoax terkait penyebaran virus corona, ada baiknya sobat sehat kerjaku mengetahui bagaimana sebenarnya perbedaan gejala antara common cold, flu, dan COVID-19

Untuk common cold umumnya disebabkan oleh virus seperti rhinovirus. Gejala yang biasanya ada pada common cold ditandai dengan nyeri tenggorokan, meriang , batuk , hidung tersumbat di salah satu atau bahkan di kedua sisi sehingga menyilitkan penderita untuk bernafas. Setelah 2 atau 3 hari, kotoran dari hidung biasanya akan menjadi lebih tebal dan berwarna kekuningan atau kehijauan. Namun tidak perlu khawatir, karena flu biasa umumnya tidak berbahaya. Flu akan pulih dalam kurun waktu 5 atau 7 hari.

Untuk kasus Flu akibat infeksi infuenza gejalanya disertai demam tinggi , kelelahan, mual, mata kering, sakit kepala. Influenza merupakan penyakit yang harus segera diobati, karena dapat menyebabkan Pneumonia dan ada kemungkinan mematikan di beberapa titik. Vaksinasi juga harus dipastikan telah didapatkan.

Untuk gejala COVID-19 sekilas gejalanya memang tampak seperti gejala flu pada umumnya sobat. Gejala COVID-19 yang perlu sobat waspadai seperti demam berlangsung dalam waktu yang cukup lama di mana suhu tubuh mengalami peningkatan dari hari ke hari. Infeksi COVID-19 juga diawali dengan batuk ringan yang akan bertambah keparahannya pada hari-hari berikutnya. Karena virusnya menyerang saluran pernafasan, maka penderita yang terinfeksi akan mengalami gejala berupa sesak nafas, yang jika tidak segera ditangani penderita dapat mengalami pneumonia. Gejala lain yang dirasakan penderita COVID-19 yaitu nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, mual, mutah. Penderita COVID-19 kemungkinan tidak akan merasakan gejala apapun, karena masa inkubasi virusnya berlangsung selama 2-14 hari sejak infeksi pertama terjadi.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi