PERSIAPKAN KESEHATAN MENJELANG PUASA RAMADHAN 2020/1441H DITENGAH PANDEMI COVID-19





PERSIAPKAN KESEHATAN MENJELANG PUASA RAMADHAN 2020/1441H DITENGAH PANDEMI COVID-19

Tanggal Publikasi : 23 Apr 2020     Kategori : Campaign     Views : 684
PERSIAPKAN KESEHATAN MENJELANG PUASA RAMADHAN 2020/1441H DITENGAH PANDEMI COVID-19

Sebentar lagi, seluruh umat muslim di dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadhan kali ini pun terasa berbeda daripada tahun sebelumnya, karena saat ini seluruh dunia sedang menghadapi wabah pandemi covid-19. Semoga seluruh umat muslim menyambut bulan suci Ramadhan serta mempersiapkan lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan?

Selain dari segi spiritualitas, persiapan dari sisi kesehatan menjelang puasa Ramadan juga diperlukan untuk menjaga stamina tubuh. Selama berpuasa tentunya waktu makan dan tidur sobat tentunya akan berubah kerena selama berpuasa kita hanya dapat makan saat waktu berbuka hingga imsak, waktu tidur pun harus diatur karena akan bangun sebelum subuh untuk menyiapkan makan dan menyantap sahur. Perubahan pola waktu tersebut sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan sobat. Jika tidak menyiapkan diri dengan baik, bisa-bisa puasa Ramadan Anda akan terasa sangat sulit untuk dilalui apalagi di tengah suasana pandemi covid-19.

Upayakan untuk memenuhi asupan nutrisi sehat dan bergizi ya sobat, agar tubuh tetap sehat sejak hari pertama hingga hari terakhir puasa Ramadan. Penuhi asupan makanan yang berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, daging, susu. Hindari makanan gorengan, makanan asin, serta tinggi gula meskipun makanan tersebut dapat memanjakan lidah dalam waktu sesaat, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan cepat lelah sedangkan makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, dapat meningkatkan rasa haus. Konsumsi makanan tinggi serat selama puasa Ramadan sangat disarankan karena makanan berserat akan lebih lambat dicerna oleh tubuh di mana kondisi ini akan membuat sobat merasa kenyang lebih lama. Minumlah banyak air putih saat sahur dan berbuka tujuannya untuk mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa.

Persiapan Ramadan tidak hanya dari asupan makanan atau pola tidur, melainkan juga perlu didukung oleh aktivitas fisik atau olahraga. Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh lebih siap dalam menghadapi puasa Ramadhan. lakukan olahraga dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Misalnya, dengan melakukan jalan santai, yoga ringan, peregangan ringan, atau hanya sekadar melakukan pekerjaan rumah tangga. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk sobat sehat kerjaku yang menjalankannya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi