PERTOLONGAN PERTAMA PADA SERANGAN JANTUNG





PERTOLONGAN PERTAMA PADA SERANGAN JANTUNG

Tanggal Publikasi : 19 Feb 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 666
PERTOLONGAN PERTAMA PADA SERANGAN JANTUNG

Serangan jantung terjadi ketika pasokan darah ke bagian jantung tiba-tiba tersumbat. Serangan jantung dapat terjadi di mana saja kapan saja. Lalu apa yang harus dilakukan jika terjadi serangan jantung? Pertama, jangan panik. Dengan mengikuti pertolongan pertama serangan jantung dasar, kita dapat sangat mengurangi kemungkinan kerusakan jantung serius dan kematian.

Tanda dan gejala seseorang yang mengalami serangan jantung seperti memiliki rasa sakit yang menghancurkan di bagian tengah dada, yang mungkin menyebar ke rahang, dan turun ke satu atau kedua lengan, terengah-engah, berkeringat deras, mengalami rasa sakit yang mirip dengan gangguan pencernaan, runtuh tanpa peringatan, mengeluh pusing, memiliki kulit pucat dan bibir mereka mungkin berwarna biru, memiliki denyut nadi yang cepat, lemah atau tidak teratur.

Segera hubungi nomor emergency jika melihat orang lain di sekitar kita mengalami serangan jantung. Jangan diabaikan, Jika kita tidak memiliki akses ke layanan medis darurat, minta tetangga atau teman mengantarkan Anda ke rumah sakit terdekat. Bantu pindahkan korban ke posisi yang nyaman. Posisi terbaik adalah di lantai, dengan lutut ditekuk dan kepala serta bahu ditopang.Anda bisa meletakkan bantal di belakang atau di bawah lutut.

Mulailah CPR jika orang tersebut tidak sadar. Jika sobat bersama orang yang tidak sadar, beri tahu petugas medis darurat lainnya. Jika sobat belum menerima pelatihan CPR, dokter menyarankan untuk melakukan hanya kompresi dada (sekitar 100 hingga 120 kompresi per menit). Operator AED dapat menginstruksikan kita dalam prosedur yang tepat sampai bantuan tiba. Jika tersedia defibrillator eksternal otomatis (AED), gunakan AED dengan mengikuti petunjuk perangkat untuk menggunakannya.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi