PRINSIP DASAR MANAJEMEN RISIKO K3





PRINSIP DASAR MANAJEMEN RISIKO K3

Tanggal Publikasi : 14 Feb 2020     Kategori : Dasar K3     Views : 2,183
PRINSIP DASAR MANAJEMEN RISIKO K3

Salah satu langkah efektif untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang sehat dan aman adalah dengan mengintegrasikan manajemen risiko K3 ke dalam operasi bisnis perusahaan. Manajemen risiko K3 adalah langkah di mana kita dapat mengidentifikasi bahaya di tempat kerja, kemudian menilai risiko bahaya tersebut lalu menerapkan langkah-langkah pengendalian, yang akan menghilangkan atau meminimalkan risiko cedera dari bahaya yang sudah kita identifikasi. Adapun Prinsip dasar manajemen risiko yaitu:

Pertama Identifikasi Risiko. Bahaya yang ada di tempat kerja dapa diidentifikasi melalui inspeksi di tempat kerja, pelaporan insiden, diskusi bersama pekerja lainnya. Kedua Penilaian Risiko. Penilaian Risiko menentukan seberapa besar kemungkinan dan seberapa serius pengaruhnya terhadap orang-orang di tempat kerja yang terpapar bahaya. berusahalah untuk mengatasi bahaya yang paling serius terlebih dahulu. Pertimbangan dalam penilaian risiko mencakup jenis bahaya, seberapa parah bahaya dapat melukai atau menyebabkan penyakit, seberapa besar kemungkinan konsekuensi ini akan terjadi , frekuensi dan durasi paparan, ketrampilan, pengalaman, usia pekerja, tata letak dan kondisi lingkingan kerja. Ketiga Pengendalian risiko. Pengendalian Risiko melibatkan apa yang perlu dilakukan untuk menghilangkan atau mengendalikan risiko terhadap kesehatan dan keselamatan. Jika memungkinkan, berusahalah untuk mengeleminasi masalah dari tempat kerja, misalnya dengan menggunakan proses yang berbeda, atau mengubah cara pekerjaan dilakukan. namun jika tidak mungkin untuk menghilangkan bahaya, gunakanlah hierarki pengendalian untuk menentukan langkah-langkah paling efektif untuk meminimalkan risiko. Keempat Tinjauan Berkala. Wajib untuk kita melakukan tinjauan berkala atas langkah-langkah pengendalian dan penilaian risiko untuk memastikan langkah-langkah yang diterapkan tepat dan efektif . Dapat dilakukan dengan audit keselamatan, inspeksi di tempat kerja secara teratur, diskusi dengan karyawan, peninjauan investigasi insiden.

Manajemen risiko harus dibangun ke dalam semua kegiatan di tempat kerja yang dapat menimbulkan masalah keselamatan. Akhir kata mimin simpulkan manajemen risiko K3 itu penting, sama kayak kita menjalin hubungan klo gak di manage dengan baik bisa fatal akibatnya... HAPPY VALENTINE'S DAY buat sobat hamba cinta jangan lupa manage hubungan kalian dengan baik bersama pasangan, jangan sampai kebablasan. Buat sobat ambyar semoga segera menemukan yg terbaik, mulailah dengan memanage diri sendiri menjadi lebih baik.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi