Risiko Keselamatan dan Kesehatan Pembukaan Bioskop di Masa Adaotasi Kebiasaan Baru





Risiko Keselamatan dan Kesehatan Pembukaan Bioskop di Masa Adaotasi Kebiasaan Baru

Tanggal Publikasi : 28 Aug 2020     Kategori : Covid-19     Views : 98
Risiko Keselamatan dan Kesehatan Pembukaan Bioskop di Masa Adaotasi Kebiasaan Baru

Masa Adaptasi kebiasaan baru, geliat perekonomian masyarakat perlahan kembali hidup. Pemerintah mulai gencar mempromosikan sektor-sektor usaha seperti pariwisata. Setelah beberapa tempat wisata mulai dapat dibuka, saat ini beredar issue bioskop pun akan mendapat giliran dibuka kembali dalam waktu dekat.

-

Secara ekonomi, Indonesia merupakan pasar yang potensial dan menarik bagi pelaku industri bioskop. Jumlah penonton bioskoppun setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, ini membuat industri bioskop di Indonesia cukup menjanjikan. Namun, jika dilihat dari sisi Keselamtan dan kesehatan, pembukaan bioskop akan sangat berisiko menjadi sarana penularan baru seperti terbatasnya jarak antar penonton akan menjadi sasaran empuk penyebaran virus corona yang diduga dapat menyebar melalui udara. 

-

Untuk itu jika pembukaan bioskop ini menjadi sebuah opsi yang harus dipilih sebagi upaya pemulihan ekonomi, maka diharapkan standar protokol kesehatan haruslah maksimal dilakukan seperti strategi pengaturan kursi, pemesanan tiket dilakukan berbasis online, sitem ventilasi bioskop, kewajiban untuk menaati prinsip 3M di dalam untuk para karyawan dan di dalam proses menuju dan keluar dari lokasi bioskop. Pembukaan bioskop tentunya harus dengan kajian yang sangat matang, karena di sisi lain bioskop dapat menjadi sumber hiburan bagi masyarakat yang mana hiburan itu sendiri juga secara tidak langsung dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

-

Oleh sebab itu pertimbangan kesehatan yang perlu diperhatikan dalam rangka pembukaan bioskop dan sinema ini di Indonesia yaitu melakukan prakondisi terkait kesiapan fasilitas pendukung. Selanjutnya, aspek waktu kapan bioskop bisa dibuka, prioritas terkait gedung bioskop mana yang layak beroperasi.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi