TINGKATKAN KESADARAN TENTANG MANFAAT MENGURANGI ASUPAN GULA DI TEMPAT KERJA





TINGKATKAN KESADARAN TENTANG MANFAAT MENGURANGI ASUPAN GULA DI TEMPAT KERJA

Tanggal Publikasi : 24 Jan 2020     Kategori : Gizi Pekerja     Views : 382
TINGKATKAN KESADARAN TENTANG MANFAAT MENGURANGI ASUPAN GULA DI TEMPAT KERJA

TINGKATKAN KESADARAN TENTANG MANFAAT MENGURANGI ASUPAN GULA DI TEMPAT KERJA

Salah satu masalah utama yang terus kita hadapi di tempat kerja adalah kelebihan konsumsi gula. Kebiasaan kita di tempat kerja yang mungkin sebenarnya bermaksud baik untuk meningkatkan semangat kerja atau sekedar untuk kebersamaan misalnya dengan berbagi kue bersama, biskuit serta cemilan lainnya ditambah lagi gaya hidup anak milenial yaitu menikmati minuman kekinian dengan beragam rasa yang bisa dipesan melalui aplikasi ojek online dan nantinya langsung diantar ke tempat kerja. Jika terlalu sering dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan kita para pekerja.

Rekomendasi para ahli mengatakan kita tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 30 gr gula sehari atau sekitar 7 sendok teh. Namun faktanya, menunjukkan bahwa orang dewasa mengkonsumsi hampir 2x lipat dari jumlah disarankan.

Pilihan makanan dan minuman berkadar gula tinggi yang tidak sehat tidak hanya berkontribusi pada masalah kesehatan mulut tetapi juga masalah besar dengan kesehatan secara keseluruhan, dengan meningkatnya tingkat diabetes dan obesitas.

Periksa bahan-bahan pada kemasan sebelum membeli makanan dan minuman untuk di tempat kerja. Gula bisa datang dalam berbagai bentuk, dan bahan-bahan ini biasanya berakhiran 'ose'. Sukrosa, fruktosa dan glukosa hanya tiga jenis. Sukrosa dan glukosa adalah gula 'ditambahkan' yang sering ditemukan dalam kue, biskuit, dan permen. Gula yang ditambahkan tidak memiliki nilai gizi, tidak seperti makanan yang mengandung gula alami yang bisa tinggi air dan serat. Saat membaca label makanan dan minuman, ingat 'tidak ada tambahan gula' tidak berarti produk tersebut bebas gula. Ini berarti tidak ada tambahan gula yang ditambahkan. Produk-produk ini masih mengandung gula yang disebutkan di atas, atau mungkin mengandung 'karbohidrat'. Kurangi pilihan makanan dan minuman manis di kantor, Ganti camilan manis dengan alternatif seperti keju, kacang-kacangan, sayuran mentah, dan roti gandum. Minumlah minuman yang bebas gula seperti air dan susu. Jika memang masih memiliki beberapa opsi gula pastikan gula rendah.

Tingkatkan kesadaran tentang manfaat mengurangi asupan gula dengan memberikan materi edukasi tentang pentingnya diet yang rendah gula kepada seluruh karyawan. Atur acara internal yang mempromosikan alternatif bebas gula. Adakan demonstrasi memasak untuk membuat makanan murah dan tanpa gula. Berikan karyawan resep yang rendah gula yang bisa mereka buat di rumah. Dengan meningkatkan kesadaran karyawan tentang gula dan memberikan alternatif untuk hidup sehat adalah sebuah investasi bagi perusahaan karena Mengurangi asupan gula di tempat kerja dapat mengurangi misalnya kerusakan gigi dan erosi gigi, serta kondisi kesehatan umum, yang semuanya berdampak pada produktivitas. Sehingga akan memberi manfaat baik bagi pengusaha maupun karyawan.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi