TINGKATKAN KEWASPADAAN MENGAHADAPI NOVEL CORONAVIRUS (2019-nCoV)





TINGKATKAN KEWASPADAAN MENGAHADAPI NOVEL CORONAVIRUS (2019-nCoV)

Tanggal Publikasi : 03 Mar 2020     Kategori : Covid-19     Views : 1,806
TINGKATKAN KEWASPADAAN MENGAHADAPI NOVEL CORONAVIRUS (2019-nCoV)

Senin, 2 Maret 2020 Presiden Jokowi mengumumkan bahwa 2 warga negara Indonesia positif terjangkit coronavirus. Tentunya kasus ini harus menjadi warning bagi kita, agar lebih waspada terhadap penyebaran virus corona.

Novel Coronavirus adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. virus ini adalah zoonosis yaitu ditularkan dari hewan ke manusia. Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hingga 14 hari setelah paparan. Virus ini dapat masuk dan menginfeksi melalui mata, hidung, mulut. Virus ini dapat bertahan hingga 24 jam di sebuah benda.Adapun tanda dan gejala umum infeksi coronavirus ini antara lain gejala gangguan pernafasan akut, demam, batuk, sesak nafas. Untuk kasus beratnya dapat menyebabkan pneumonia, gagal ginjal bahkan kematian.

pencegahan dapat kita lakukan dengan jaga jarak jika melihat seseorang yang sedang batuk/bersin/sakit akan menjaga sobat tetap aman. Gunakan masker jika sedang merasa flu, batuk pilek. Hindari kerumunan orang, karena orang yang terinfeksi bisa jadi tidak terlihat menunjukkan gejala yang signifikan namun tetap dapat menularkan virus. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah orang atau siapapun juga. Rajinlah untuk mencuci tangan hingga batas siku tangan dengan sabun setiap maelakukan aktifitas misalnya sebelum makan, setelah bepergian ke tempat umum. Cuci tangan bagian belakang, sela-sela jari, di bawah kuku selama 20 detik. Jangan gunakan masker lebih dari sehari. Jangan menyentuh bagian luar masker, jika terpaksa menyentuh segeralah cuci tangan dengan masker. Usahakan untuk tidak berbagi makanan, alat makan, handuk dengan orang lain.

Corona-Virus-Safety-101-(Indo).pdf.pdf

DOKUMEN_RESMI_Pedoman_Kesiapsiag



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi