Tips Keselamatan Saat Mendaki Gunung Bagi Pendaki Pemula





Tips Keselamatan Saat Mendaki Gunung Bagi Pendaki Pemula

Tanggal Publikasi : 07 Jan 2020     Kategori : K3 Pariwisata     Views : 451
Tips Keselamatan Saat Mendaki Gunung Bagi Pendaki Pemula

Apakah kalian berencana mengisi liburan tahun baru ini untuk pergi mendaki gunung untuk pertama kalinya sobat? tentunya mengasyikkan, pemandangan menakjubkan akan kita lihat dan perjalanan menakjubkan juga akan kita alami. Tetapi pada saat yang sama, ini bisa jadi berbahaya karena kurangnya pengalaman kita. Jadi, persiapkan rencana kalian dengan matang ya sobat. Mulailah sekarang dengan membaca tips keselamatan pendakian gunung ini untuk pemula.

Mendaki gunung adalah kegiatan fisik yang cukup berat, jadi kalian harus bugar sebelum melakukan perjalanan hiking. Lakukan latihan yang akan memperkuat otot-otot kaki kalian sehingga bisa bertahan berjalan lama. Berlatihlah mengenakan tas punggung yang berat saat berolahraga karena itu akan menjadi simulasi dari apa yang akan kita rasakan ketika mendaki gunung. Konsumsilah makanan yang kaya karbohidrat beberapa hari sebelum pendakian agar tubuh kalian lebih berenergi.

Ketika memulai pendakian bagi pemula, tentu saja, disarankan agar kalian memulai dengan jejak yang tidak terlalu sulit. Jangan tergoda untuk langsung melakukan lonjakan besar, tidak perlu terburu-buru. Perhatikan cuaca saat anda akan mendaki, Jika ramalan cuaca buruk, sebaiknya tunda perjalanan agar kalian aman. Pelajarilah track yang akan dilalui apakah miring, melewati sungai, hutan lebat, dll.
Pilihlah pakaian yang nyaman serbaguna dan ringan (tetapi tidak terlalu tipis), dan pastikan mereka mampu menutupi kulit Anda dengan cukup baik untuk melindungi diri dari goresan atau cuaca misalnya kaos lengan panjang, kalian dapat melepasnya atau menggulung lengannya jika panas, celana panjang/pendek serta kaos kaki panjang untuk melindungi kaki Anda, dan sarung tangan yang menutupi jari Anda untuk melindungi diri jika perlu berpegang pada batu. gunakan sepatu yang nyaman untuk berjam-jam berjalan, tangguh untuk digunakan mendaki, serta aman untuk melindungi kaki kalian.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi