Tips Tetap Aman dan Selamat Saat Berlibur ke Pantai





Tips Tetap Aman dan Selamat Saat Berlibur ke Pantai

Tanggal Publikasi : 08 Jan 2020     Kategori : K3 Pariwisata     Views : 477
Tips Tetap Aman dan Selamat Saat Berlibur ke Pantai

Musim liburan sudah tiba. Pilihan lokasi yang sering dipilih wisatawan untuk mengisi liburannya adalah berlibur ke pantai mulai dari yang hanya sekedar melepas penat duduk ditepi pantai, bermain pasir dan berenang di laut serta melakukan aktivitas olah raga air. Namun hingga akhir tahun 2019 tercatat 16 kasus laka laut yang terjadi di pulau Bali. Berikut mimin akan berikan tips tetap aman saat berada di pantai

Perhatikan selalu bendera peringatan yang terpasang di bibir pantai ya sobat serta ketahuilah artinya. Misal Secara umum, bendera merah menunjukkan ombak dan arus yang kuat, Bendera kuning menunjukkan ombak sedang dan arus - air cenderung kasar tetapi tidak terlalu berbahaya. Bendera hijau menunjukkan lautan tenang atau jernih namun tetap harus waspada, Bendera biru atau ungu sering menunjukkan bahwa kehidupan laut yang berpotensi berbahaya. Tidak semua pantai cocok untuk berenang, jadi ketahuilah aturannya sebelum kalian ingin berenang di pantai tersebut.

Berenang di laut berbeda dengan berenang di kolam atau danau yang tenang, bersiaplah untuk menghadapi ombak. Jika kalian berada di pantai bersama anak atau orang dewasa yang tidak bisa berenang, pastikan setiap orang memiliki pakaian yang pas (lifejacket). Jika Anda berperahu, setiap penumpang harus mengenakan lifejacket berukuran tepat setiap saat. Perlu diingat bahwa dasar laut tidak rata dan pantai dapat berubah secara drastis dari tahun ke tahun. Saat menuju ke air, ketahuilah bahwa dasar laut dapat jatuh secara tiba-tiba, jadi jangan bergerak cepat tanpa bersiap untuk berenang di air.

Keberadaan Lifeguard sangat penting, ketahuilah di mana posisi mereka. Jangan bermain jauh jauh dari tempat lifeguard berjaga. Sebagian besar kasus tenggelam terjadi di lokasi yang tidak dijaga lifeguard. Ingat: Kondisi, aturan, dan seluk-beluk setiap pantai berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Pada akhirnya, lifeguard yang bertugas harus menjadi tujuan kalian untuk setiap pertanyaan. Mereka ada di sana untuk membantu kita.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi