Upaya Penanggulangan Angin Topan





Upaya Penanggulangan Angin Topan

Tanggal Publikasi : 13 Jan 2020     Kategori : Penanganan Bencana     Views : 1,192
Upaya Penanggulangan Angin Topan

Bencana alam dapat terjadi dimana saja dan kapan saja diwaktu yang tak terduga. Salah satu bencana yang harus kita waspadai di musim penghujan ini juga adalah bencana angin topan.

 

Angin Topan merupakan pusaran angin yang sangat kencang dengan kecepatan angin bisa mencapai kurnag lebih 120 km dan sering terjadi di wilayah tropis. Untuk itu pelaksanaan Disaster Management wajib disosialisasikan ke masyarakat.

 

Ketauilah berapa besar resiko yang ditimbulkan. Setelah mengetahui besar risikonya, mulailah untuk mengeleminasi sumber bahaya seperti pangkas cabang-cabang pohon tinggi di sekitar rumah, perkuat bangunan rumah.


Bersihkan area di sekitar rumah Anda dari bahan-bahan material yang tidak terpakai, bahan-bahan tersebut dapat diterbangkan oleh angin topan yang ditakutkan bisa melukai seseorang atau menimbulkan kerusakan parah pada bangunan,kemudian buatlah rencana pengungsian. Lakukan simulasi dengan melakukan penelusuran jalur evakuasi, persiapkan perlengkapan darurat dalam satu tas sehingga saat kalian dan keluarga diharuskan untuk melakukan evakuasi ke luar rumah, kalian tidak harus memikirkan barang apa saja yang harus dibawa, ini merupakan kunci dari tindakan persiapan serta pencegahan bencana angin topan.

 

Saat bencana angin topan datang siapkan selalu barang kebutuhan saat emergency.Tutup pintu dan jendela rumah,tinggallah dalam satu ruangan yang paling aman di rumah. Matikan segala bentuk aliran listrik, sumber api dan peralatan elektronik apapun.

 

Selalu update terkait informasi mengenai bencana angin topan lewat dari media massa dan petugas berwenang.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi