WASPADA HIPERTENSI PADA PEKERJA KANTORAN, KIAT MENCEGAH HIPERTENSI





WASPADA HIPERTENSI PADA PEKERJA KANTORAN, KIAT MENCEGAH HIPERTENSI

Tanggal Publikasi : 23 Jan 2020     Kategori : K3 Perkantoran     Views : 829
WASPADA HIPERTENSI PADA PEKERJA KANTORAN, KIAT MENCEGAH HIPERTENSI

WASPADA HIPERTENSI PADA PEKERJA KANTORAN, KIAT MENCEGAH HIPERTENSI 

Sebagai pekerja kantoran masa kini, kita sering dihadapkan dengan pekerjaan di bawah tekanan. kondisi tersebut ternyata dapat memicu penyakit hipertensi sobat, jika tidak ditanggulangi dengan baik, emosi yang meletup-letup dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah(Hipertensi). Hipertensi ringan biasanya tanpa gejala. Namun pada kasus tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, mudah lelah, dll.

Hipertensi sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu primary hipertensi dan secondary hipertensi. Sekitar 90% pasien dengan hipertensi termasuk dalam kategori primary. Hipertensi jenis ini tidak memiliki penyebab yang pasti dan berhubungan dengan penuaan, keturunan, kebiasaan makan, merokok, alkoholisme, stres, kelelahan, kurang olahraga dan obesitas. Tekanan darah tinggi diperburuk oleh stres dan lingkungan yang penuh tekanan, seperti pekerjaan dan tempat kerja. Namun, ini tidak berarti bahwa tekanan darah tinggi di tempat kerja tidak dapat dikelola. Berikut adalah beberapa kiat untuk memastikan kita tidak mengalami penurunan produktivitas akibat hipertensi:

Lakukan olahraga secara teratur, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi serta kurangi konsumsi garam dalam makanan. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium karena zat tersebut mampu menurunkan tekanan darah. Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Selain itu, upaya berhenti merokok merupakan salah satu alternatif dalam mengubah gaya hidup sehat demi pencegahan hipertensi karena merokok melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Sehingga dengan melaksanakan gaya hidup sehat maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal.

infodatin-hipertensiLeaflet_PDF_15_x_15_cm_Hipertensi_Tekanan_Darah_Tinggi

 



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi