Waspada Sambaran Petir di Musim Hujan





Waspada Sambaran Petir di Musim Hujan

Tanggal Publikasi : 02 Jan 2020     Kategori : Campaign     Views : 490
Waspada Sambaran Petir di Musim Hujan

Musim hujan mulai memasuki wilayah Indonesia, selain angin ketika musim hujan juga akan muncul kilat dan petir. Petir adalah fenomena alam berupa cahaya kilat yang muncul karena terjadi tarik menarik antara muatan positif dan muatan negatif. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar aman ketika petir menyambar saat kalian sedang di luar maupun di dalam ruangan

Saat berada di luar ruangan hindarilah bidang terbuka, puncak bukit/gunung. Jauhi pohon tinggi. Jika kalian sedang berada dalam satu kelompok menyebarlah. Jauhi lah air, tali, logam seperti pagar dan tiang karena arus dari kilat akan dengan mudah mengalirkan arus dengan jarak yang jauh.

Saat berada dalam ruangan jauhilah telepon yang terhubung dengan kabel. Jangan menyentuh peralatan listrik seperti komputer, TV, atau kabel. Hindari air, tundalah sebentar untuk tidak mencuci tangan, mandi atau mencuci piring. Jauhi jendela dan pintu yang mungkin memiliki kebocoran kecil di sekitar sisinya untuk membiarkan masuknya cahaya, dan jauhi teras. Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar pada dinding beton. Lindungi hewan peliharaan kalian. Rumah anjing bukan tempat berlindung yang aman. Anjing yang dirantai ke pohon atau benda logam yang terpasang sangat rentan terhadap sambaran petir.

Petir menghasilkan lonjakan listrik yang dapat merusak peralatan elektronik. Pelindung lonjakan tidak akan melindungi peralatan dari sambaran petir. Jangan mencabut peralatan saat terjadi hujan petir karena ada risiko kalian bisa tersengat.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi