Yuk Jaga Kesehatan Mata di Era Daring





Yuk Jaga Kesehatan Mata di Era Daring

Tanggal Publikasi : 12 Nov 2020     Kategori : Campaign     Views : 623
Yuk Jaga Kesehatan Mata di Era Daring

Sudah hampir 8 bulan, Pemerintah menerapkan aturan baik pembelajaran maupun beberapa kegiatan pekerjaan dilakukan secara daring dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia. tentunya dalam pelaksanaannya, pembelajaran/pekerjaan daring ini memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dll untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun. Dengan adanya sistem belajar/bekerja secara daring daring, mau tidak mau kita harus menatap layar laptop/smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. hal ini dapat menjadi risiko kesehatan, jika mata kita menatap layar laptop/smartphone secara terus menerus. Risiko yang akan kita hadapi yaitu terkait masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome.

 

Computer Vision Syndrome ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye/mata kering dan eyestrain/mata tegang/lelah. Mata kering dapat terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar sehingga lupa/kurang berkedip. Berkedip diperlukan untuk mengembalikan lapisan cairan tipis pada mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Kalau kita kurang berkedip, maka mata kita akan terasa kering, kurang nyaman, dan penglihatan dapat menjadi kabur. Sementara itu, eyestrain/mata lelah adalah masalah yang terjadi karena kecerahan dari layar elektronik yang terlalu terang. Untuk minimisasi risiko dari penggunaan perangkat elektronik yang lama akibat sistem belajar/ bekerja daring maka mimin akau berikan tips untuk sobat sehat kerjaku.

 

Karena mata akan bekerja lebih keras ketika jarak pandang kita terlalu dekat, maka agar mata tidak mudah lelah usahakan jaga jarak mata dengan layar minimal 40-50 cm. Layar yang terlalu terang akan membuat mata terasa tidak nyaman, jadi hindarilah penggunaan layar yang terlalu silau. kita bisa memilih mode gelap/dark mode. Mode ini akan terasa lebih nyaman ketika dilihat. Setiap memandang layar laptop/smartphone selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang objek yang berjarak 20 kaki atau 6 m, hal ini dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Selain itu juga untuk mengurangi mata lelah kita bisa melakukannya dengan memijat area di sekitar mata dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah, menggosok kedua tangan sampai hangat lalu ditempelkan di mata, atau bisa juga dengan menempelken handuk hangat/dingin di mata. Yang tidak kalah penting adalah konsumsilah makanan yang baik untuk mata kita seperti yang mengandung Vitamin A (wortel, bayam, brokoli, susu, telur, dll) ya sobat sehat kerjaku, apalagi di era pandemi COVID-19 saat ini, konsumsi makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk membangun pertahanan tubuh yang lebih kuat. Yuk kita jaga kesehatan kita bersama agar kita dapat mengikuti era daring ini dengan mata yang tetap sehat.



Share ke Sosial Media :
Tertarik dengan Pelayanan yang Kami sediakan ? Mari Berdiskusi